Eksploitasi Wanita dalam Media Hiburan (Analisis Framing terhadap Lirik Lagu Dangdut Wanita Lubang Buaya dan Mobil Bergoyang).

Laili, Nurul (2015) Eksploitasi Wanita dalam Media Hiburan (Analisis Framing terhadap Lirik Lagu Dangdut Wanita Lubang Buaya dan Mobil Bergoyang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Laili_082 111 007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wanita merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah yang sempurna yang memiliki kelebihan dan memiliki daya tarik yang lebih dari pada laki – laki, sehingga menjadikan media massa memiliki kesempatan yang sangat besar untuk menggunakan kelebihan tersebut sebagai salah satu isi atau bagian dari pesan – pesan yang disampaikan kepada khalayak. Hal tersebut terjadi dan marak terutama di Negara Indonesia, fenomena – fenomena eksploitasi dari tubuh wanita atau pemanfaatan dari bagian atau ilustrasi tubuh wanita itu sendiri menjadi salah satu jalan yang selalu dipakai oleh industri – industri seni saat ini, dengan alasan tidak lain untuk kekuatan segmen pasar. Karena memang harus diakui media massa lebih berwarna dan menarik dengan adanya para wanita, mulai dari iklan, pemberitaan, film dan lagu sekalipun. Dalam peelitian ini akan dikupas mengenai pesan media massa berupa lagu dangdut, dibingkai oleh lirik yang mengilustrasikan dan menggambarkan sesuatu yang bersifat porno, cabul dan pesan negatiflainnya, lagu dangdut tersebut yakni “Mobil bergoyang” dan “Wanita lubnag buaya”. Lagu – lagu yang menuai kontroversi di media massa terutama dalam pemberitaan di internet, yang di ikuti oleh beberapa lagu – lagu dangdut lainnya yang dinilai cabul dan negatif oleh masyarakat terutama oleh KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). Penelitian ini dilakukan dan difokuskan pada lirik – lirik lagu dangdut tersebut. Dengan fokus penelitian yang akan di teliti yakni Bagaimana makna yang terkandung dalam lirik lagu dangdut Wanita lubang buaya & Mobil bergoyang dalam Analisis Framing Murray Edelman. Karena penelitian ini merupakan penelitian analisis teks yang menggunakan analisis framing. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui makna yang terkandung dalam lirik lagu dangdut Wanita lubang buaya & Mobil bergoyang menurut Analisis framing Murray Edelman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif metode analisis framing dengan model Murray Edelman. Perangkat framingnya adalah Kategorisasi dan Rubrikasi. Data primer dari penelitian ini adalah teks atau lirik – lirik lagu yang di dapatkan dari internet dan pemberitaan mengenai lagu – lagu dangdut tersebut. Sedangkan data sekunder dari penelitian ini berupa buku, dokumen, jurnal, artikel dan sebgainya yang berkaitan dengan penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah meskipun wanita merupakan pelengkap yang sempurna untuk penyajian pesan di media massa terutama untuk hiburan pada khalayaknya namun pada industri media itu sendiri harus selalu berpedoman pada peraturan dan batasan – batasan yang telah ditetapkan dalam menyiarkan pesan yang akan disampaikan, mengingat media massa merupakan salah satu media yang lihat, didengar dan di baca oleh khalayak umum mulai dari kalangan anak – anak sampai dewasa, dan sangat mengkhawatirkan apabila pesan yang disampaikan sampai bersifat negatif dan bisa merugikan berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:30
Last Modified: 31 Mar 2023 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21446

Actions (login required)

View Item View Item