Penerapan Program Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Ihya’ Ulumudin Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017.

Lailiyah, Qomarul (2017) Penerapan Program Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Ihya’ Ulumudin Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qomarul Lailiyah_084 131 071.pdf

Download (17MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan pada umumnya pendidikan keaagamaan, siswa hanya terlaksana pada mata pelajaran pendidikan agama islam saja. Mengingat begitu penting dan luasnya ruang lingkup Pendidikan Agama Islam maka diperlukan jam pelajaran yang cukup untuk menyampaikan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kepada para peserta didik. Untuk menyikapi hal tersebut Sekolah Mengah Kejuruan Negeri Ihya’ Ulumudin menerapkan program Madrasah Diniyah dalam hal meningkatkan Pendidikan Agama Islam. Untuk mempermudahkan proses penelitian ini, maka peneliti membuat beberapa fokus masalah yang diantaranya: 1)Bagaimana perencanaan program madrasah diniyah dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Ihya’ Ulumudin Singojuruh Banyuwangi? 2)Bagaimana pelaksanaan program madrasah diniyah dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Ihya’ Ulumudin Singojuruh Banyuwangi? 3) Bagaimana evaluasi program madrasah diniyah dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Ihya’ Ulumudin Singojuruh Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mendeskripsikan perencanaan program madrasah diniyah dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Ihya’ Ulumudin Singojuruh Banyuwangi. 2)Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program madrasah diniyah dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Ihya’ Ulumudin Singojuruh Banyuwangi. 2)Untuk mendeskripsikan evaluasi program madrasah diniyah dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Ihya’ Ulumudin Singojuruh Banyuwangi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program Madrasah Diniyah ini meliki tujuan sebagai berikut: meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap ilmu agama dan bagaimana mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 2) Program Madrasah Diniyah dilaksanakan di sore hari mulai pukul 14.00-16.00, dengan materi yang di ajarkan sesuai silabus. Pembuatan silabus mengacu pada potensi peserta didik, keberagamaan, terpadu dan relevan dengan kebutuhan kehidupan sehari-hari. 3) Evaluasi program madrasah diniyah hanya diterapkan dengan penilain hasil pembelajaran, dengan menggunakan evaluasi sumatif dan formatif. Belum terlihat secara jelas bahwasanya program ini mampu mengubah peserta didik menjadi lebih baik dalam beribadah maupun berakhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:30
Last Modified: 31 Mar 2023 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21448

Actions (login required)

View Item View Item