Implementasi Manajemen Kesiswaan di Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2015/2016.

Aini, Qurrotul (2015) Implementasi Manajemen Kesiswaan di Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
QURROTUL AINI_084 113 084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen peserta didik/manajemen kesiswaan adalah seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja serta pembinaan secara kontinu terhadap seluruh peserta didik agar dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan efektif dan efisien. Sedangkan peserta didik merupakan subyek sekaligus obyek dalam proses transformasi ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Oleh karena itu, keberadaan peserta didik tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan saja, akan tetapi harus merupakan bagian dari kebermutuan lembaga pendidikan. Artinya bahwa dibutuhkan manajemen manajemen kesiswaan yang bermutu bagi lembaga pendidikan itu sendiri. Sehingga peserta didik idapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi fisik, kecerdasan intelektual, social, emosional, dan kejiwaan peserta didik. Penelitian ini difokuskan pada 1) Bagaimana pelaksanaan penerimaan siswa baru di MTs. Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana pembinaan dan pengembangan siswa di MTs. Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun pelajaran 2015/2016? 3) Bagaimana evaluasi kegiatan kesiswaan di MTs. Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun pelajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian adalah 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerimaan siswa baru di MTs. Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun pelajaran 2015/2016. 2) Untuk mendeskripsikan pembinaan dan pengembangan siswa di MTs. Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun pelajaran 2015/2016. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi hasil belajar siswa di MTs. Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan sumbernya adalah Purposive Sampling sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Dan metode analisa data menggunakan Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan dan keabsahan menggunakan trianggulasi sumber. Dari hasil penelitian; 1) pelaksanaan penerimaan siswa baru di MTs. Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember; a. Sistem penerimaan siswa baru; sistem promosi dan sistem seleksi b. Pembentukan panitia; ketua, sekretaris, bendahara, pembantu umum dan seksi-seksi. c. Orientasi; mengadakan MOS (Masa Orientasi Siswa) d. Penempatan; menempatkan siswa berdasarkan sistem rombel atau acak. 2) Pembinaan dan Pengembangan Siswa di MTs. Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember; a. Kegiatan Kurikuler; memberikan tugas baik pelajaran umum, agama maupun pembinaan kajian kitab. b. Kegiatan Ekstrakurikuler; memberikan kegiatan keagamaan dan keterampilan siswa. 3) Evaluasi Hasil Belajar Siswa di MTs Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember; a. Tujuan dan fungsi evaluasi hasil belajar siswa, tujuannya; untuk mengetahui kemampuan siswa sedangkan fungsinya; untuk informasi bagi guru, orang tua dan siswa itu sendiri. b. Teknik evaluasi hasil belajar; tes baik tes tulis maupun tes lisan. c. Tindak lanjut evaluasi hasil belajar siswa; pengayaan dan remidi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:30
Last Modified: 31 Mar 2023 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21450

Actions (login required)

View Item View Item