Metode Penanaman Nilai-nilai Islam Pada Anak Komunitas Salafi di Desa Karang Anyar Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2017/2018.

Amalia, Risky (2017) Metode Penanaman Nilai-nilai Islam Pada Anak Komunitas Salafi di Desa Karang Anyar Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISKY AMALIA_084121376.pdf

Download (12MB)

Abstract

Islam diyakini oleh penganutnya sebagai agama yang memiliki nilai dan ajaran yang memiliki nilai ajaran yang universal, yang dihadirkan sebagai prinsip dasar bagi umat Islam dalam kehidupan mereka serta untuk menyikapi realitas kehidupan komunitas salafi dalam berbagai dimensinya pada segala ruang dan waktu. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode penanaman nilainilai akidah pada anak komunitas salafi? (2) Bagaimana metode penanaman nilainilai syari’ah pada anak komunitas salafi? dan (3) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai akhlak pada anak komunitas salafi? Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan metode penanaman nilai-nilai akidah pada anak komunitas salafi(2) Untuk mendeskripsikan metode penanaman nilai-nilai syari’ah pada anak komunitas salafi. (3) Untuk mendeskripsikan metode penanaman nilai-nilai akhlak pada anak komunitas. Pendekatan yang digunakan penulis adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu mencari data secara langsung ke lapangan untuk melihat dari dekat objek yang akan diteliti. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah : Metode wawancara, Observasi, dan Dokumenter. Langkah-langkah dalam analisis data antra lain: Reduksi data, Penyajian data, PenarikanKesimpulan/Verifikasi.(1) Pendidikan akidah pada anak komunitas salafi di Desa Karang Anyar Ambulu Jember dalam menanamkan nilai-nilai akidah menggunakan Metode Tajribi (latihan pengalaman) karena penanaman tersebut sudah di upayakan oleh keluarga mulai dari anak lahir, selanjutnya pendidikan akidah diberikan pada anak melalui latihan pengamalan sebagai metode pendidikan Qur’ani,latihan dan pengulangan, latihan menghafal, latihan berfikir untuk memperdalam Iman serta latihan dalam hal beribadah. sementara bagi keluarga yang kurang mampu dalam pengetahuan agamanya, maka pendidikan anak di serahkan pada guru ngaji. Peranan keluarga dalam hal ini tidak lain sebagai motivator bagi anak. (2) Pendidikan syari’ah pada anak komunitas salafi di Desa Karang Anyar Ambulu Jember dalam menanamkan nilai-nilai syari’ah menggunakan metode Ibrah-Mauidzah yang bertujuan untuk menumbuhkan aqidah tauhid pada anak sejak dini hingga kelak dia dewasa, karena hal tersebut sudah di upayakan keluarga dengan selalu menanamkan nilainilai syari’ah serta sekaligus melatih anak agar mempunyai kepribadian yang tinggi dalam menjalankan ibadahnya. (3) Pendidikan akhlak pada anak komunitas salafi di Desa Karang Anyar Ambulu Jember fokus teerhadap Metode TarghibTarhib dalam menanamkan nilai-nilai akhlak yang bertujuan memupuk rasa kehati-hatian dalam melakukan kewajiban atau perintah Allah Swt, hal tersebut di tanamkan dari orang tua mulai sejak dini. Yang bertujuan supaya anak tidak memiliki sikap optimis yang berlebihan serta befikir jujur dan benar dalam akhlak yang baik. Sehingga masyarakat di Desa Karang Anyar Ambulu Kabupaten Jember ini selalu mendidik anak-anaknya agar berperilaku dan berbicara dengan baik, baik di lingkungan keluarga sendiri ataupun luar lingkungan keluarga. Jika kebiasaan tersebut sudah terinternalisasi dalam jiwa anak mulai sejak dini, maka ketika ia besar kelak akan mempunyai jiwa yang terpuji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:31
Last Modified: 31 Mar 2023 06:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21453

Actions (login required)

View Item View Item