Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kesehatan Mental Santri di Yayasan Penolong Pendidikan Anak Yatim dan Miskin Gianyar Bali

Rahmatullah, Sahid (2017) Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kesehatan Mental Santri di Yayasan Penolong Pendidikan Anak Yatim dan Miskin Gianyar Bali. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SAHID RAHMATULLAH_084 121 143.pdf

Download (30MB)

Abstract

Pendidikan Islam adalah suatu sistem pendidikan yang mencakup seluruh aspek kehidupan yang dibutuhkan oleh hamba Allah, sebagaimana Islam telah menjadi pedoman bagi seluruh aspek kehidupan manusia, baik duniawi maupun ukhrawi. Mengingat luasnya jangkauan yang harus digarap oleh pendidikan Islam, maka pendidikan Islam tetap terbuka terhadap tuntutan kesejahteraan umat manusia baik tuntutan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi maupun tuntutan pemenuhan kebutuhan hidup rohaniah. Pengimplementasian pendidikan agama Islam berwawasan kesehatan mental di Yayasan Penolong Pendidikan Anak Yatim dan Miskin Gianyar Bali. Merupakan suatu kepekaan guru dalam memahami kebutuhan peserta didiknya sesuai dengan perkembangan zaman di tengah-tengah masyarakat yang mayoritas beragama Hindu. Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Spiritual Quotient (SQ) santri di Yayasan Penolong Pendidikan Anak Yatim dan Miskin Gianyar Bali?; (2) Bagaimana Implementasi Pendidikan Agama dalam membentuk Emotional Quotient (EQ) santri di Yayasan Penolong Pendidikan Anak Yatim dan Miskin Gianyar Bali?; Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Spiritual Quotient (SQ) santri di Yayasan Penolong Pendidikan Anak Yatim dan Miskin Gianyar Bali.; (2) Mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Agama dalam membentuk Emotional Quotient (SQ) santri di Yayasan Penolong Pendidikan Anak Yatim dan Miskin Gianyar Bali. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, jenis kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Adapun analisis data menggunakan data reduction, data display, dan verification. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Spiritual Quotient (SQ) santri di Yayasan Penolong Pendidikan Anak Yatim dan Miskin Gianyar Bali melalui kegiatan shalat dhuha dan setoran suratsurat pendek, kegiatan muhadharah pada malam selasa, kegiatan shalawat berzanji pada malam rabu, membaca yasin dan tahlil, dan setiap selesai shalat subuh membaca surat al-waqi’ah dan al-mulk, ba’da subuh belajar qiro’at dan tartil, qosidah dan hadrah. (2) Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Emotional Quotient (EQ) santri di Yayasan Penolong Pendidikan Anak Yatim dan Miskin Gianyar Bali dengan cara mengkaji kitab ta’lim muta’lim, memberikan contoh tingkah laku ataupun berbicara, sopan santun kepada yang lebih tua, saling tolong menolong dengan teman, disiplin waktu, dan kemampuan membina hubungan (interaksi), rasa empati, menahan amarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:31
Last Modified: 31 Mar 2023 06:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21454

Actions (login required)

View Item View Item