Pembelajaran Kitab al- Akhlāq li al- Banāt di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah Curahlele Balung Jember

Adawiyah, Robiatul (2017) Pembelajaran Kitab al- Akhlāq li al- Banāt di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah Curahlele Balung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Robiatul Adawiyah_084 131 273.pdf

Download (13MB)

Abstract

kata kunci: Pembelajaran, Kitab al- Akhlāq li al- Banāt Pembelajaran Kitab al- Akhlāq li al- Banāt merupakan salah satu penyelenggaraan program kajian ilmu-ilmu agama Islam yang bersumber pada kitab-kitab berbahasa Arab. Program kajian ini bertujuan mendidik dan menanamkan nilai- nilai agama kepada para santri. Pembelajaran kitab al- Akhlāq li al- Banāt merupakan contoh program kajian di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah Curahlele Balung Jember. Dengan adanya Pembelajaran Kitab al- Akhlāq li al- Banāt di selenggarakan setiap minggunya, maka pondok pesantren akan mampu menerapkan pembelajaran kitab akhlaq dengan tujuan membentuk budi pekerti atau akhlak yang baik bagi para santrinya. Fokus Penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab al- Akhlāq li al- Banāt di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab al- Akhlāq li al- Banāt di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab al- Akhlāq li al- Banāt di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kitab al- Akhlāq li al- Banāt di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab al- Akhlāq li al- Banāt di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah; 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kitab al- Akhlāq li al- Banāt di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Tekhik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain:1) Perencanaan pembelajaran kitab al- Akhlāq li al- Banāt di pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah ini dilakukan dengan menempuh jalan musyawarah. Adapun hasil musyawarah tersebut di tetapkannya tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran untuk satu tahun kedepan yang mengacu pada tujuan dan visi misi pesantren, namun dalam perumusan perencanaan pembelajaran ini tidak dibentuknya Silabus dan RPP dari hasil musyawarah sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran dan bukti secara tertulis. 2). Pelaksanaan pembelajaran kitab al- Akhlāq li al- Banāt, terlihat pada guru/ustadzah yang mengajar sangat kreatif dalam menerapkan metode dengan menyampaikan materi dengan menggunakan beberapa bahasa daerah sehingga pembelajaran tidak membosankan. 3). Evaluasi pembelajaran kitab al- Akhlāq li al- Banāt adalah evaluasi hasil belajar dengan menggunakan metode non tes yang meliputi: a) pengamatan b) portofolio. Dari evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran kitab al- Akhlāq li al- Banāt secara kasat mata telah tercapai, ini terlihat dimana santri telah mengaplikasikan materi yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:32
Last Modified: 31 Mar 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21455

Actions (login required)

View Item View Item