Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP 06 Diponegoro Kec Wuluhan Kab Jember

Mutmainnah, Siti Afifatul (2016) Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP 06 Diponegoro Kec Wuluhan Kab Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI AFIFATUL MUTMAINNAH_084 123 010.pdf

Download (28MB)

Abstract

Dalam penciptaan kualiats pendidikan, kepala sekolah harus lebih membedayakan guru sebagai ujung tombak dari proses belajar mengajar. Guru yang profesional adalah guru yang terdidik dan terlatih dengan baik dan tercermin dalam pelaksanaan dan pengabdian tugas-tugas yang ditandai dengan keahlian materi maupun metode dan juga akan tanggug jawabnya dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidikan. Untuk itu maka kepala sekolah sebagai leader, supervisor, motivator dalam lembaga harus mengupayakan semaksimal mungkin, agar guru yang ada di sekolah memiliki pontensi dan kualitas yang baik. Fokus penelitian mengkaji tentang peran kepala sekolah dalam meningkatkat profesionalisme guru di SMP 06 Diponegoro Kec Wuluhan Kab Jember. Yang meliputi tiga pembahasan yaitu: (1) Peran Kepala Sekolah sebagai leader dalam meningkatkan profesionalisme guru, (2) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru, (3) Peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru. Tujuan umum penelitian yaitu: Mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP 06 Diponegoro Kec Wuluhan Kab Jember. Adapun tuujuan khusus penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan Peran Kepala Sekolah sebagai leader dalam meningkatkan profesionalisme guru, (2) Mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru, (3) Mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini dilakukaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP 06 Diponegoro Kec Wuluhan Kab Jember, Penentuan informan menggunakan : observasi,wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan :data reduction, data display, dan varification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Adapun hasil temuan penelitain yaitu: (1) Peran kepala sekolah sebagai leade dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP 06 Diponegoro Kec Wuluhan Kab Jember antara lain: pembinaan melalui KKG, seminar atau workshop, pendidikan dan pelatiahan, pemantapan materi pelajaran tentang penyusunan dan pengembangan silabus RPP kurikulum, (2) Peran Kepala Madrasah sebagai Leader antara lain: pada saat melakukan pembelajaran, mendukung ide yang dimiliki oleh guru, (3) dari beberpa wawancara dan obseravasi di atas tentang Peran Kepala Sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP 06 Diponegoro Wuluhan melalui: menjalin komunikasi yang harmonis, memberikan penghargaan seperti pujian, memberikan fasilitas, bersikap objektif untuk meluarkan pendapat, memberikan contoh yang baik serta memberikan insentif dengan memberi gaji secara adil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:32
Last Modified: 31 Mar 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21456

Actions (login required)

View Item View Item