Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Lembaga Katolik Santo Yusuf Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Rifda, Rurun Kurniatul (2017) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Lembaga Katolik Santo Yusuf Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rurun Kurniatul Rifda_084 131 115.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama sangat penting bagi kehidupan setiap individu, terutama bagi siswa yang masih Sekolah Dasar. Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada peserta didik. Dalam hal ini guru juga berpengaruh dalam pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, karena guru merupakan sentral dan sumber dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu guru harus memiliki strategi agar proses pembelajaran bisa efektif dan efisien serta dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lembaga Katolik Santo Yusuf di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana strategi penyampaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lembaga Katolik Santo Yusuf di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lembaga Katolik Santo Yusuf di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep Miles dan Hubermen yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Strategi pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan mengkelompokan siswa menjadi 2 kelas yaitu kelas rendah dan tinggi, alokasi waktu pada saat pulang sekolah, materi yang diajarkan pembelajaran Al-Qur’an dan materi dasar kehidupan sehari-hari, isi materi tersebut dirangkum dari buku- buku yang melibatkan pada konsep, prosedur dan prinsip yang saling berkaitan. (2) Strategi penyampaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media dan metode, saat proses pembelajaran, media yang digunakan adalah media buku tartili untuk baca Al-Qur’an dan menggunakan media papan tulis sebagai penyampaian materi. Sedangkan metode yang digunaka adalah metode baca Al-Qur’an dan metode ceramah. (3) Strategi pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, bahwasannya guru mencatat kemajuan belajar siswa dengan cara memberikan kuis dan tanya jawab kepada peserta didik untuk mengetahui seberapa paham peserta didik terhadap materi yang sudah diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:32
Last Modified: 31 Mar 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21457

Actions (login required)

View Item View Item