Rofi'ah, Siti Inayatur (2016) Manajemen Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SMK Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SITI INAYATUR ROFI’AH_084123072.pdf Download (5MB) |
Abstract
Manajemen pelayanan bimbingan konseling bertugas untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi siswa dan diharapkan dapat menjadi kontribusi bagi tercapainya sebuah tujuan pendidikan yang optimal dan berarti pada jalannya proses pendidikan. Manajemen pelayanan bimbingan dan konseling yang baik diharapkan dapat menciptakan sekolah yang bebas dari segala penyakit kenakalan siswa dan mampu membentuk mental serta kemandirian siswa yang kuat. Dengan adanya pengelolaan pelayanan tersebut sekolah mampu merealisasikan tujuan pendidikan seperti membentuk pribadi manusia yang paripurna agar lembaga tidak hanya membanggakan kuantitas output lembaga (siswa lulusan), tetapi juga kualitasnya. Berdasarkan uraian diatas menarik untuk dikaji secara mendalam bagamana manajemen pelayanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di SMK Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017?. Dengan fokus masalah 1) Bagaimana perencanaan pelayanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di SMK Darul Ulum Muncar Tahun Pelajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana pengorganisasian pelayanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di SMK Darul Ulum Muncar Tahun Pelajaran 2016/2017?, 3) Bagaimana pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di SMK Darul Ulum Muncar Tahun Pelajaran 2016/2017?, dan 4) Bagaimana evaluasi pelayanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di SMK Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017? sebagai wadah untuk pemberian bantuan kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen pelayanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa kontribusi positif dalam dunia pendidikan khususnya bidang manajemen pelayanan bimbingan dan konseling, karena hal ini merupakan dasar mewujudkan tingkah laku siswa menjadi positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena, tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Pada tahap analisa data menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan untuk menjamin keabsahan data menggungakan Triangilasi sumber dan metode. Berdasarkan proses penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian dengan kesimpulan sebagai berikut. Manajemen pelayanan bimbingan dan konseling dibagi atas perencanaan , pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. 1) Perencanaan pelayanan bimbingan dan konseling meliputi penetapan tujuan dan penetapan program. 2) Pengorganisasian pelayanan bimbingan dan konseling meliputi pembagian tugas, strategi dan langkah-langkah bimbingan dan konseling. 3) Pelaksanaan pelayanan dengan jalan bimbingan dan konseling individu dan bimbingan konseling kelompok. Dan 4) Evaluasi pelayanan bimbingan mengacu pada empat komponen penting yaitu evaluasi siswa, program, proses dan hasil pelayanan bimbingan dan konseling
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 06:32 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 06:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21458 |
Actions (login required)
View Item |