Upaya Orang Tua Menanamkan Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Pada Anak Di Dusun Krajan Utara Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember

Nuraini, Siti (2017) Upaya Orang Tua Menanamkan Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Pada Anak Di Dusun Krajan Utara Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nuraini_084131083.pdf

Download (37MB)

Abstract

Pendidikan bagi umat manusia merupakan kebutuhan yang tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia, dalam menempuh pendidikan tidak memandang seks/kelamin laki-laki atau perempuan, setiap manusia memiliki derajat yang sama. Pendidikan adalah suatu usaha untuk memenuhi cita-cita dan memiliki masa depan berkualitas, yaitu mendidik dalam kebebasan dan kesamaan. Dusun krajan utara Desa Kertonegoro merupakan tempat yang memiliki keunikan tersendiri, perempuan yang dipandang lemah daripada laki-laki dalam mengenyam pendidikan masih membudaya, namun pemikiran tersebut hanya sebagian saja karena penduduk dusun Krajan Utara mulai menyadari bahwa pendidikan terhadap anak laki-laki atau perempuan harus dimiliki tanpa membedakan status dan peran karena status dan peran bukan untuk dijadikan perbedaan melainkan kerja sama dalam menumbuhkembangkan masa depan. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya orang tua dalam menanamkan kesetaraan akses pada anak di Dusun Krajan Utara Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? 2) Bagaimana upaya orang tua dalam menanamkan kesetaraan Kontrol pada anak di Dusun Krajan Utara Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan upaya orang tua dalam menanamkan kesetaraan akses pada anak di Dusun Krajan Utara Desa Kertonegoro Kecamatan Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan upaya orang tua dalam menanamkan kesetaraan Kontrol pada anak di Dusun Krajan Utara Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field Research (penelitian lapangan) Penentuan subyek menggunakan Purposive Sampling, Teknik pengumpulan data :Observasi, Interview, Dokumentasi, Teknik analisis Reduksi data, Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi Metode. Hasil penelitian ini adalah: 1) Upaya orang tua dalam menanamkan kesetaraan akses pada anak di Dusun Krajan Utara Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember memiliki peningkatan meskipun hanya sebagian perempuan yang diberi kesempatan untuk memenuhi hak dan peran untuk menciptakan pendidikan lebih berkualitas. 2) Upaya orang tua dalam menanamkan kesetaraan Kontrol pada anak di Dusun Krajan Utara Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember antara suami istri sebagai orang tua dalam mendidik anak bahwa keputusan bukan hanya diberikan kepada laki-laki atau ayah saja melainkan perempuan sebagai istri mulai dilibatkan untuk mengambil keputusan untuk memberi pendidikan kepada anak tanpa membedakan antara laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:32
Last Modified: 31 Mar 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21464

Actions (login required)

View Item View Item