Implementasi Media E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Plus Raudlatul Islam Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Handayani, Sri Astutik (2017) Implementasi Media E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Plus Raudlatul Islam Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sri Astutik Handayani_084 131 148.pdf

Download (5MB)

Abstract

Salah satu permasalahan pembelajaran PAI yang terjadi di SMP Plus Raudlatul Islam, yaitu kurangnya kreaktivitas guru PAI dalam menerapkan berbagai metode pembelajaran di kelas dan minimnya penggunaan media yang digunakan. Hal ini bisa menyebabkan pembelajaran PAI yang diajarkan oleh guru di kelas menjadi tidak menarik, karena kurangnya keprofesionalan guru terhadap pemanfaatan tekhnologi. Berbagai macam media pembelajaran mulai muncul hingga saat ini, bahkan sudah banyak digunakan di era globalisasi, yaitu media pembelajaran berbasis komputer dan internet yang disebut dengan E-Learning. Dalam tulisan ini peneliti ingin meneliti tentang implementasi E-Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Raudlatul Islam Jember. Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana implementasi media E-Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Raudlatul Islam Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi media E-Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Raudlatul Islam Tahun Ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripsikan implementasi media E-Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Raudlatul Islam Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi media E-Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Raudlatul Islam Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field reseach-fenomenologi. Dengan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu: observasi partisipasi pasif, wawancara tak berstruktur, dan dokumenter. Sedangkan analisis datanya menggunakan Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan tekhnik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Implementasi media E-Learning dalam Pembelajaran PAI di SMP Plus Raudlatul Islam Jember di awali dengan melakukan rapat mingguan serta pelatihan dalam penggunaan E-Learning. Kemudian guru dalam pelaksanaannya memadukan metode dan strategi dengan pembelajaran E-Learning, dan pemanfaatan sarana dan prasarana dalam implementasi E-Learning. Penggunaan E-Learning memberikan dampak positif diantaranya: kegiatan pembelajaran PAI lebih efektif dan terdapat peningkatan dalam perubahan nilai yang lebih baik. Faktor pendukung implementasi media E-Learning dalam pembelajaran PAI: 1) ketersediaan wifi portable, 2) penggunaan HP android dan 3) ketersediaanya LCD proyektor, sedangkan faktor penghambatnya: 1) minimnya jangkauan jaringan internet, 2) keterbatasan kepemilikan android, 3) belum tersedianya laboratorium dan 4) penyalahgunaan dalam Hp android.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:32
Last Modified: 31 Mar 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21467

Actions (login required)

View Item View Item