Implementasi Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A Pada Mata Pelajaran endidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 3 Bangsalsari Tahun Pelajaran 2016/2017.

Jannah, Wardatul (2017) Implementasi Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A Pada Mata Pelajaran endidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 3 Bangsalsari Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WARDATUL JANNAH_084 121 137.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan keagamaaan merupakan bagian terpadu yang dimuat dalam kurikulum pendidikan maupun melekat pada setiap mata pelajaran sebagai bagian dari pendidikan nilai. Oleh karena itu, nilai-nilai agama akan selalu memberikan corak kepada pendidikan nasional. Penelitian ini berusaha mengungkapkan permasalahan tentang pokok masalahnya, yaitu “Apakah dengan implementasi Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII A pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Bangsalsari?.” Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada implementasi Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII A pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Bangsalsari. Selanjutnya penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. (PTK). Sumber datanya adalah informan yang mengetahui tentang penelitian ini, diantaranya adalah Guru PAI serta perwakilan murid kelas VIII Adi SMPN 3 Bangsalsari. Metode penelitian menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan tes. Untuk menganalisa data menggunakan kualitatif deskriptif di dukung dengan data kuantitatif ketuntasan secara klasikal, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI materiSejarah Nabi Muhammad Saw. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil peserta didik dan presentase ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal. Pada pra siklus nilai rata-rata peserta didik adalah 70,29 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 39,28 (39)%. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata peserta didik 76,21 dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 71,42 (71)%, pada siklus II nilai rata-rata peserta didik adalah 81,39 dengan presentase ketuntasan sebesar 92,85 (93)%. Hasil tersebut menunjukan bahwa metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII A pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Bangsalsari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:33
Last Modified: 31 Mar 2023 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21474

Actions (login required)

View Item View Item