Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Tradisi Selamatan Desa pada Masyarakat Desa Watutulis Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo

Anggraini, Ulfa (2017) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Tradisi Selamatan Desa pada Masyarakat Desa Watutulis Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulfi Anggraini_084131019.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tradisi yaitu kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang maupun masyarakat tertentu secara terus menerus dan ditransmisikan dari satu generasi ke generasi berikutnya sebagai suatu sistem nilai maupun ajaran. Jadi ketika berbicara tentang tradisi masyarakat Muslim, berarti berbicara juga tentang serangkaian praktik ritual yang terus berlangung dari masa lalu sampai sekarang, yang masih ada dan tetap berfungsi di dalam kehidupan masyarakat Muslim terkait hubungan yang sakral antara manusia dan penciptanya, salah satunya ialah tradisi selamatan Desa pada masyarakat Desa Watutulis Kecamatan Prambon Sidoarjo. Tradisi selamatan Desa adalah salah satu sarana untuk menyampaikan ajaran Islam, dikarena terdapat nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di dalamnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana nilai pendidikan akidah dalam tradisi selamatan Desa pada masyarakat Desa Watutulis Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo? (2) Bagaimana nilai pendidikan ibadah dalam tradisi selamatan Desa pada masyarakat Desa Watutulis Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo? (3) Bagaimana nilai pendidikan akhlak dalam tradisi selamatan Desa pada masyarakat Watutulis Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo? Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan nilai pendidikan akidah, ibadah dan akhlak dalam tradisi selamatan Desa pada masyarakat Desa Watutulis Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Dan untuk mengidentifikasinya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Reseach. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi partisipasi moderat, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisa data yang digunakan yaitu model analisis interaktif menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat dikemukakan kesimpulan dari nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam tradisi selamatan Desa yaitu dapat dilihat dari (1) Nilai pendidikan akidah dalam tradisi selamatan Desa yang disimbolkan dengan hidangan makanan, meliputi tumpeng bermakna mengikuti ajaran rasulullah utusan Allah, ingkung bermakna inggalo menekung atau segera bermuhasabah dan berdzikir kepada Allah,telur bermakna terjadinya manusia makhluk ciptaan Allah, bubur tujuh warna bermakna jumlah hari, langit, dan sebagainya yang disebut dalam Al-Qur’an kitab yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad, kecambah bermakna benih dan bakal manusia yang akan tumbuh sebagai makhluk ciptaan Allah, kacang panjang bermakna agar berpikir panjang dalam menghadapi segala hal yang disertai kasadaran dan kebijaksanaan, bawang merah bermakna perbuatan yang selalu penuh pertimbangan, bayam bermakna kehidupan yang tentram, dan cabai merah bermakna keberanian dan tekad untuk menegakkan kebenaran sesuai dengan ajaran Rasulullah (2) Nilai pendidikan ibadah dalam tradisi selamatan Desa bisa dilihat dari pelaksanaannya, meliputi berdzikir kepada Allah, membaca ayat AlQur’an, membaca shalawat Nabi, serta memanjatkan do’a. (3) Nilai pendidikan akhlak dalam tradisi selamatan Desa bisa dilihat dari tahapan persiapan dan pelaksanannya, meliputi akhlak kepada Allah diantaranya iman, ihsan, takwa, ikhlas, tawakkal, syukur, dan sabar, akhlak kepada sesama manusia diantaranya silaturrahmi, persaudaraan, persamaan, adil, baik sangka, rendah hati, tepat janji, lapang dada, dapat dipercaya, dan dermawan, dan akhlak kepada lingkungan diantaranya menjaga lingkungan sekitar dan merawat fasilitas umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:33
Last Modified: 31 Mar 2023 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21476

Actions (login required)

View Item View Item