Strategi Komunikasi Kepala Madrasah dan Guru dalam Penyelesaian Konflik di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Islam Seneng Krucil Probolinggo.

Ningsih, Yuliatin (2016) Strategi Komunikasi Kepala Madrasah dan Guru dalam Penyelesaian Konflik di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Islam Seneng Krucil Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yuliatin Ningsih_084 123 019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Konflik merupakan suatu peristiwa yang tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan berorganisasi, bahkan konflik selalu hadir dalam setiap hubungan kerjasama antar individu, kelompok atau organisasi. Konflik selalu melibatkan orang, pihak atau kelompok orang, menyangkut masalah yang menjadi inti, mempunyai proses perkembangan, kondisi yang menjadi latar belakang, sebab-sebab dan pemicunya. Oleh karena itu dibutuhkan strategi komunikasi yang baik untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di antara kepala madrasah dan guru yang disebabkan oleh kurangnya komunikasi atau sulitnya membangun komunikasi yang harmonis antara keduanya. Dari uraian di atas maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi komunikasi kepala madrasah dan guru dalam penyelesaian konflik di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Islam Seneng Krucil Probolinggo? (2) Apa sajakah bentuk-bentuk konflik yang terjadi antara kepala madrasah dan guru dalam penyelesaian konflik di madrasah Tsanawiyah Raudlatul Islam Seneng Krucil Probolinggo? (3) Faktor Apa sajakah yang menjadi penghambat dan pendukung komunikasi kepala madrasah dan guru dalam penyelesaian konflik di Madrasah Tsanawiyah Seneng Krucil Probolinggo? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan strategi komunikasi kepala madrasah dan guru dalam penyelesaian konflik di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Islam Seneng Krucil Probolinggo. (2) Mengidentifikasi bentuk-bentuk konflik yang terjadi dikalangan kepala madrasah dan guru dalam penyelesaian konflik di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Islam Seneng Krucil Probolinggo. (3) Mendeskripsikan faktor apa sajakah yang menjadi penghambat dan pendukung komunikasi kepala madrasah dan guru dalam penyelesaian konflik di madrasah tsanawiyah Seneng Krucil Probolinggo. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research dan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang dalam teknisnya memilih orang-orang yang mengerti dengan objek yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumenter. Untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatis dengan metode faliditas triangulasi sumber. Langkah-langkah yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Strategi komunikasi yang digunakan kepala madrasah dan guru di madrasah Tsanawiyah Raudlatul Islam menggunakan strategi komunikasi tatap muka dan strategi komunikasi bermedia. (2) Bentuk konflik yang terjadi dimadrasah Tsanawiyah Raudlatul Islam yaitu, konflik antar guru, konflik antar siswa, konflik antar guru dan siswa, dan konflik antar kepala madrasah dan guru.(3) faktor pendukung komunikasi kepala madrasah dan guru dalam penyelesaian konflik di madrasah Tsanawiyah Raudlatul Islam adalah pemilihan bahasa yang tepat, pemahaman pesan, dan media dalam penyampaian pesan. Sedangkan hambatannya adalah kurang memahami bahasa Indonesia dan kurangnya minat baca warga madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:34
Last Modified: 31 Mar 2023 06:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21479

Actions (login required)

View Item View Item