Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Kepramukaan Dalam Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

M, Umi Narisul (2017) Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Kepramukaan Dalam Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umi Narisul. M. _084 131 030.pdf

Download (17MB)

Abstract

Pendidikan Kepramukaan berperan sebagai komplemen dan suplemen terhadap pendidikan formal, untuk mencapai peran tersebut dilaksanakan kegiatan kepramukaan melalui proses pendidikan yang menyenangkan. Gerakan Pramuka sangat baik dalam human characterbuilding (pembentukan karakter manusia) yang terbukti mampu menciptakan insan yang mandiri dan bertanggung jawab.Dalam gerakan pramuka tercakap dasa dharma pramuka.Ditinjau dari sudut pandang kesehatan psikologis, kegiatan pramuka bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan anak, program-program kegiatan pramuka sangat relevan dan disesuaikan dengan minat bakat anak. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kepramukaan dalam kurikulum 2013 aspek spiritual di SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 ?. 2). Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kepramukaan dalam kurikulum 2013 aspek sosial di SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 ?. 3). Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kepramukaan dalam kurikulum 2013 aspek keterampilan di SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 ?. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1). implementasi nilainilai pendidikan agama Islam melalui kepramukaan dalam kurikulum 2013 aspek spiritual di SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 2). implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kepramukaan dalam kurikulum 2013 aspek sosial di SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 3). implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kepramukaan dalam kurikulum 2013 aspek keterampilan di SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan klesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: 1). Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kepramukaan dalam kurikulum 2013 pada aspek spiritual yaitu diantaranya tentang melaksanakan shalat berjama’ah, memberikan pengajaran tentang latihan khutbah pada shalat jum’at, membiasakan yasinan rutin setiap hari jum’at pagi di halaman sekolah. 2). Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kepramukaan dalam kurikulum 2013 pada aspek sosial yaitu tentang bekerjasama dan saling tolong menolong, memiliki rasa peduli terhadap sesama serta diajarkan tentang sikap toleransi. 3). Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kepramukaan dalam kurikulum 2013 pada aspek keterampilan yaitu tentang tata cara dalam melaksanakan shalat yang baik dan benar, keterampilan menjaga kebersihan lingkungan, keterampilan menanam tumbuhan serta keterampilan dalam berkarya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:34
Last Modified: 31 Mar 2023 06:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21480

Actions (login required)

View Item View Item