Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menerjemah Al-Quran Di Madrasah Aliyah Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember Tahun 2016/2017.

Lailiyah, Wardatul (2017) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menerjemah Al-Quran Di Madrasah Aliyah Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember Tahun 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wardatul Lailiyah_084131170.pdf

Download (5MB)

Abstract

Masyarakat Arab bahasa sehari-hari mereka adalah bahasa Arab sama dengan bahasa yang digunakan Al-Quran, sehingga mereka lebih mudah memahami dan menangkap pesan-pesan yang disampaikan Al-Quran. Bahasa AlQuran yang menjulang berpengaruh sangat kuat hingga jiwa-jiwa mereka sejak dini. Kecintaan ini yang akan mendorong anak-anak untuk selalu membaca dan mempelajarinya. Yang menjadi masalah adalah apakah anak-anak dan kita orang dewasa mampu memahami Al-Quran dengan bahasanya yang merupakan bukan bahasa kita. Upaya memahami isi Al-Quran langsung dari bahasa Arabnya sementara ini belum terbiasa dalam kehidupan umat Islam di Indonesia, ada kendala bayangan sulit sebelum belajar, sebab Al-Quran berbahasa Arab. Kendala ini yang perlu mendapatkan perhatian untuk dicari jalan keluarnya. Terjemah AlQuran adalah sebuah sistim pendidikan dan sarana layanan keagamaan nonformal yang dirancang khusus bagi siapa saja yang sudah bisa membaca Al-Quran. Sistim ini dirancang supaya mampu menampung hasrat dan keinginan peserta didik agar bisa menerjemahkan Al-Quran secara mudah, praktis, sistematis dan berkesinambungan tanpa memberikan beban berat kepada mereka. Dari uraian di atas maka fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana upaya guru dalam mengajarkan terjemah ayat Al-Quran di MA Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember tahun 2016/2017? (2) Bagaimana upaya guru dalam mengajarkan kaidah nahwu terhadap ayat-ayat Al-Quran di MA Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember tahun 2016/2017? (3) Bagaimana upaya guru dalam mengajarkan kaidah shorof terhadap ayat-ayat Al-Quran di MA Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember tahun 2016/2017? Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengajarkan terjemah ayat Al-Quran di MA Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember tahun 2016/2017 (2) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengajarkan kaidah nahwu terhadap ayat-ayat Al-Quran di MA Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember tahun 2016/2017 (3) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengajarkan kaidah shorof terhadap ayat-ayat Al-Quran di MA Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember tahun 2016/2017 Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Dalam meningkatkan kemampaun siswa menerjemah Al-Quran, yang dilakukan guru dengan menggunakan buku panduan PPTQ (Program Pelatihan Terjemah Al-Quran) adalah menuntun perkata, mengulang-ulang bacaan yang telah diterjemah dan mengadakan evaluasi. Dengan beberapa upaya yang dilakukan oleh guru tersebut hasil menerjemah AlQuran siswa mengalami peningkatan. (2) Upaya yang dilakukan guru dalam mengajarkan kaidah nahwu kepada siswa adalah dengan menguraikan kalimat perkata. Hambatan guru dalam mengajarkan kaidah nahwu tersebut adalah kurangnya minat siswa. (3) Dalam meningkatkan kemampuan siswa menguasai kaidah shorof, upaya yang dilakukan guru adalah dengan menggunakan metode latihan. Metode tersebut sangat efektif diterapkan dalam penguasaan kaidah shorof siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:34
Last Modified: 31 Mar 2023 06:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21483

Actions (login required)

View Item View Item