PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AL HIKMAH MUNCAR TAHUN AJARAN 2021/2022

Nadhiroh, Nimahtun (2022) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AL HIKMAH MUNCAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NIMAHTUN NADHIROH_T20181005.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nimahtun Nadhiroh, 2022, “ Peranan Guru PAI dalam Pembinaan Kecerdasan Emosional Melalui Pendekatan Humanistik Siswa di SMA Al Hikmah Muncar Tahun Pelajaran 2021/2022”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Prof. Dr. H. Abd. Muis Thabrani, MM.

Kata Kunci : Peranan Guru PAI, Kecerdasan Emosional, Pendekatan Humanistik

Dengan peranannya, guru seharusnya mampu dalam membina, mengembangkan terutama dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa dan guru harus mengetahui kondisi emosional siswa serta perkembangannya. Selain itu, guru juga dituntut agar bisa mengantarkan siswa untuk bisa menjadi manusia yang tidak hanya cerdas secara intelektualnya saja tetapi juga cerdas secara emosionalnya.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kecerdasan emosional siswa di SMA Al Hikmah Muncar Tahun Pelajaran 2021/2022? Dan 2) Bagaimana Peranan Guru PAI Dalam Pembinaan Kecerdasan Emosional Melalui Pendekatan Humanistik Siswa di SMA Al Hikmah Muncar Tahun Pelajaran 2021/2022?. Tujuan Penelitian: 1) Mendeskripsikan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMA Al Hikmah Muncar Tahun Pelajaran 2021/2022. Dan 2) Mendeskripsikan Peranan Guru PAI Dalam Pembinaan Kecerdasan Emosional Melalui Pendekatan Humanistik Siswa di SMA Al Hikmah Muncar Tahun Pelajaran 2021/2022..
Metode penelitian: Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Daniel Goleman. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa : 1. Kecerdasan emosional siswa di SMA Al hikmah muncar kurang memiliki kecerdasan emosional yang terlihat dari beberapa indikator kecerdasan emosional yaitu kurang mengenali emosi diri, kurang mengelola emosi, kurang dalam memotivasi diri, kurang dalam mengenali emosi orang lain, kurang dalam membina hubungan dengan orang lain hal ini dibuktikan dari masih banyak siswa yang membantah guru, mencontek saat ujian, tidur dalam pelajaran dan memilih teman bermain. 2. Peranan Guru PAI dalam pembinaan kecerdasan emosional yaitu berperan aktif,hal ini dilihat dari penerapan yang dilakukan guru PAI dalam mendukung peningkatan kecerdasan emosional siswa melalui indikator kecerdasan emosional yaitu mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain, membina hubungan dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nimahtun Nadhiroh
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:20
Last Modified: 31 Mar 2023 06:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21487

Actions (login required)

View Item View Item