Analisis Pelayanan Nasabah Mengenai Transaksi Gadai di Pegadaian Syariah Jember.

Zulvan, Ahmad (2018) Analisis Pelayanan Nasabah Mengenai Transaksi Gadai di Pegadaian Syariah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Zulvan_083133057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Upaya untuk meningkatkan profesionalisme pegadaian syariah dalam melakukan kegiatan usahanya dituntut untuk menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Pelayanan diartikan sebagai tindakan atau perbuatan seseorang atau organisasi untuk memberikan kepuasan nasabah atau pelanggan. Dari hasil observasi yang ditemukan di lapangan bahwa ada beberapa nasabah yang mengeluhkan sifat petugas yang kurang baik terhadap nasabah diwaktu melayani transaksi gadai, yang mana hal semacam ini dapat mengurangi tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan. Sejauh ini Pegadaian Syariah Jember memang sudah melakukan upaya pelayanan yang baik kepada nasabahnya. Namun pada kenyataannya walaupun sudah dilakukan upaya tersebut, tingkat kualitas pelayanan gadai masih belum sesuai dengan harapan. Fokus penelitian yaitu, 1) Bagaimana pelayanan transaksi gadai di Pegadaian Syariah Jember? 2) Bagaimana pendapat nasabah mengenai kualitas pelayanan transaksi gadai di Pegadaian Syariah Jember? Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelayanan transaksi gadai di Pegadaian Syariah Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendapat nasabah mengenai kualitas pelayanan transaksi gadai di Pegadaian Syariah Jember Metodologi penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Dalam mengembangkan keberhasilan pelayanan, Pegadaian Syariah Jember sesuai konsep pelayanan prima yaitu berdasarkan kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (apperance), perhatian (attention), tindakan (action), serta tanggung jawab (accountability). 2) Pendapat nasabah mengenai pelayanan transaksi gadai di Pegadaian Syariah sudah sesuai dengan ciri kualitas pelayanan yang baik. Kata Kunci: Pelayanan, Transaksi Gadai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 20:24
Last Modified: 31 Mar 2023 20:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21496

Actions (login required)

View Item View Item