Pembelajaran Kitab Sullam Munajah pada pelaksanaan shalat santri di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah Curahlele Balung Jember tahun pelajaran 2017/2018

Jamil, Achmad Fathur Rizqi Alfian (2018) Pembelajaran Kitab Sullam Munajah pada pelaksanaan shalat santri di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah Curahlele Balung Jember tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Fathur Rizqi Alfian Jamil_084 131 123.pdf

Download (2MB)

Abstract

kata kunci: Pembelajaran, Kitab Sullam Munajah Pembelajaran Kitab Sullam Munajah merupakan salah satu penyelenggaraan program kajian ilmu-ilmu agama Islam yang bersumber pada kitab-kitab berbahasa Arab. Program kajian ini bertujuan mendidik dan menanamkan nilai- nilai agama kepada para santri. Pembelajaran kitab Sullam Munajah merupakan contoh program kajian di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah Curahlele Balung Jember. Dengan adanya Pembelajaran Kitab Sullam Munajah di selenggarakan setiap minggunya, maka Pesantren akan mampu menerapkan pembelajaran kitab akhlaq dengan tujuan membentuk santri yang memahami tata cara Ibadah yang sesuai dengan syariat serta Tuntutan Rasulullah. Fokus Penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan dalam proses pembelajaran kitab Sullam Munajah terhadap pelaksanaan Shalat santri di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah? 2) Bagaimana pelaksanaan dalam proses pembelajaran kitab Sullam Munajah terhadap pelaksanaan Shalat santri di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah? 3) Bagaimana evaluasi dalam proses pembelajaran kitab Sullam Munajah terhadap pelaksanaan shalat santri di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan dalam proses pembelajaran kitab Sullam Munajah terhadap pelaksanaan Shalat santri di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan dalam proses pembelajaran kitab Sullam Munajah terhadap pelaksanaan Shalat santri di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah; 3) Mendeskripsikan evaluasi dalam proses pembelajaran kitab Sullam Munajah terhadap pelaksanaan Shalat santri di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain:1) Perencanaan dalam proses pembelajaran kitab Sullam Munajah di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah ini dilakukan dengan menempuh jalan musyawarah tahunan.yang dilakukan oleh Ustadz dan Ustadzah, dengan menetapkan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran untuk satu tahun kedepan yang mengacu pada tujuan dan visi misi pesantren, namun dalam perumusan perencanaan pembelajaran ini tidak dibentuknya Silabus dan RPP dari hasil digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix musyawarah sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran dan bukti secara tertulis. 2). Pelaksanaan dalam proses pembelajaran kitab Sullam Munajah, terlihat pada Ustadz dan ustadzah yang mengajar sangat kreatif dalam menerapkan metode dan strategi dengan menyampaikan materi dengan menggunakan beberapa bahasa daerah dan metode ceramah juga praktek sehingga pembelajaran tidak membosankan. 3). Evaluasi dalam proses pembelajaran kitab Sullam Munajah adalah evaluasi dari tujuan dan pelaksanaan yang mencakup perencanaan, materi, media, strategi serta hasil belajar santri. Untuk evaluasi perencanaan dan pelaksanaan menggunakan musyawarah setiap bulan dan akhir semester untuk monitoring kehidupan sehari-hari dari hasil dari tiap pembelajaran, untuk evaluasi hasil belajar santri diadakan setiap semester dengan melaksanakan hasil musyawaroh dengan metode, strategi pembelajaran yang praktis dan kreatif yang dilakukan oleh ustadz dan ustadzah dengan penyampaian materi menggunakan bahasa daerah campuran sehingga bisa dipahami dan tidak membosankan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:22
Last Modified: 03 Apr 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21527

Actions (login required)

View Item View Item