Implementasi Fungsi Manajemen Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak di Taman Baca Masyarakat “Kampoeng Batja” Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.

Masruroh, Anisa Ana (2016) Implementasi Fungsi Manajemen Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak di Taman Baca Masyarakat “Kampoeng Batja” Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anisa Ana Masruroh_084 123 088.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mencerdaskan kehidupan bangsa bukan hanya tugas pendidikan formal saja, tetapi pendidikan nonformal. Salah satunya pendidikan nonformal yang ikut mencerdaskan kehidupan bangsa yaitu taman baca masyarakat Kampoeng Batja. Fokus penelitian skripsi ini adalah: Implementasi fungsi manajemen perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca anak di taman baca masyarakat Kamporng Batja Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, yang kemudian dirinci sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca anak di Kampoeng Batja Kecamatan Patrang Kabupaten Jember? 2) Bagaimana pengorganisasian perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca anak di Kampoeng Batja Kecamatan Patrang Kabupaten Jember? 3) Bagaimana pelaksanaan perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca anak di Kampoeng Batja Kecamatan Patrang Kabupaten Jember? 4) Bagaimana pengawasan perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca anak di Kampoeng Batja Kecamatan Patrang Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca anak di Kampoeng Batja Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pengorganisasian perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca anak di Kampoeng Batja Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. 3) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca anak di Kampoeng Batja Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. 4) Untuk mendeskripsikan pengawasan perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca anak di Kampoeng Batja Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Dalam menyempurnakan hasil penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, interview, dan dokumentasi. Análisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini berdasarkan análisis dan temuan di lapangan: 1) Perencanaan dari Kampoeng Batja akan menjadikan Kampoeng Batja sebagai pusat media belajar, bermain dan musium mini. 2) Pengorganisasian Kampoeng Batja tersebut sebagai penentu kelancaran pelaksanaan rencana dan program kerja. 3) Dalam pelaksanaannya Kampoeng Batja menyediakan bacaan dengan fasilitas berupa ruang di dalam dan di luar, jalur radio dan jalur media. 4) Pengawasan yang dilakukan Kampoeng dilakukan oleh pemiliki dari Kampoeng Batja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080708 Records and Information Management (excl. Business Records and Information Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:14
Last Modified: 03 Apr 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21531

Actions (login required)

View Item View Item