Pembelajaran Akhlak Perempuan dalam Kitab Mar’atus Sholihah di Pondok Pesantren Assuniyyah Kencong Tahun Pelajaran 2017/2018.

Susanti, Della (2017) Pembelajaran Akhlak Perempuan dalam Kitab Mar’atus Sholihah di Pondok Pesantren Assuniyyah Kencong Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Della Susanti_084 131 094.pdf

Download (22MB)

Abstract

Hakekatnya satu-satunya harapan setiap muslimah adalah kemenangan dan hidup bahagia. Hidup bahagia yang kita dambakan menjadi bukan saja bersifat pribadi, namun meliputi instrusi kecil yaitu rumah tangga dalam intrusi besar masyarakat dan negara. Sebab itu hidup bahagia memerlukan wanita sholihah untuk mengantarkan kesuraganya. Berangkat dari latar belakang diatas, peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian tentang pembelajaran akhlak perempuan dalam kitab Mar’atus sholihah di PP. Assuniyyah Kencong tahun pelajaran 2017/2018. Sehingga dari masalah diatas peneliti merumuskan, Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Akhkak Perempuan dalam kitab Mar’atus Sholihah, dan Apa Saja Problem yang di hadapi dalam Pelaksanaan Pembelajaran Akhkak Perempuan dalam kitab Mar’atus Sholihah di Pondok Pesantren Assuniyyah Kencong Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk mendiskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Akhkak Perempuan dalam kitab Mar’atus Sholihah, yang kedua Untuk mendiskripsikan Apa Saja Problem yang di hadapi dalam Pelaksanaan Pembelajaran Akhkak Perempuan dalam kitab Mar’atus Sholihah di Pondok Pesantren Assuniyyah Kencong Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field Research (Penelitian Lapangan) dan dalam penelitian ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkah-langkah yang digunakan adalah, Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Keabsahan datanya menggunakan metode validitas triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian yang didapatkan bahwa, Pelaksanaan Pembelajaran Akhkak Perempuan dalam kitab Mar’atus Sholihah di Pondok Pesantren Assuniyyah Kencong, berupa materi tentang akhlak seorang istri terhadap suami, akhlak anak perempuan terhadap orang tua, guru, dan masyarakat, dengan metode pembelajaran cermah, media yang digunakan berbasis manusia, serta menggunakan pendekatan religi. Kemudian Problem yang di hadapi dalam Pelaksanaan Pembelajaran Akhkak Perempuan dalam kitab Mar’atus Sholihah diantaranya dalam aspek materi, kurangnya pemahaman santri terhadap penggunaan bahasa, hanya menggunakan metode ceramah, tanpa yang lain, media hanya berbasis manusia saja tidak ada media yang lain contoh media audiovisual dan sejenisnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:15
Last Modified: 03 Apr 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21533

Actions (login required)

View Item View Item