Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama di Full Day Excellent Class Hidayatul Murid Elementary School Ampel Wuluhan Jember Tahun pelajaran 2016/2017.

Khumairoh, Dewi (2017) Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama di Full Day Excellent Class Hidayatul Murid Elementary School Ampel Wuluhan Jember Tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi Khumairoh_084131227.pdf

Download (7MB)

Abstract

Karakter menjadi hal yang fundamental dalam dunia pendidikan. Kaitannya karakter dengan pendidikan itu, karena adanya proses evaluasi terhadap karakter bangsa yang semakin menurun. Karena pendidikan adalah tombak perubahan peradaban manusia. Dalam menanamkan pendidikan karakter di sekolah sangat dibutuhkan budaya positif yang dibiasakan dalam proses belajar, baik didalam maupun diluar kelas. Lembaga pendidikan di Full Day Excellent Class Hidayatul Murid Elementary School Ampel Wuluhan Jember memiliki strategi 10 pengembangan diri dan pembiasaan yang terintegrasi dalam mata pelajaran pendidikan agama adalah salah satu yang dibudayakan disekolah ini. Program ini dilatih dalam proses belajar agar siswa tidak hanya faham, tetapi dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Fokus dari penelitian ini adalah bagaimana penanaman karakter religius dalam mata pelajaran pendidikan agama pada siswa di Full Day Excellent Class Hidayatul Murid Elementary School Ampel Wuluhan Jember tahun pelajaran 2016/2017?, dan bagaimana penanaman karakter tanggung jawab dalam mata pelajaran pendidikan agama pada siswa di Full Day Excellent Class Hidayatul Murid Elementary School Ampel Wuluhan Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan Penelitian ini : 1) Untuk mendeskripsikan penanaman karakter religius dalam mata pelajaran pendidikan agama pada siswa di Full Day Excellent Class Hidayatul Murid Elemetary School Ampel Wuluhan Jember tahun pelajaran 2016/2017; 2) Untuk mendeskripsikan penanaman karakter tanggung jawab dalam mata pelajaran pendidikan agama pada siswa di Full Day Excellent Class Hidayatul Murid Elementary School Ampel Wuluhan Jember tahun pelajaran 2016/2017. Untuk mengidentifiasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif menganalisis proses penanaman pendidikan karakter dalam mata pelajaran pendidikan agama di Full Day Excellent Class Hidayatul Murid Elementary School Ampel Wuluhan Jember. Penentuan subyek dengan Purposive Sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan Observasi,Interview dan Dokumentasi. Mengingat hal itu peneliti menggunakan analisis data menurut Miles dan Huberman interactive model yakni Reduksi (Reduction), Penyajian Data (Display), Kesimpulan (Verification).Kredibilitas penelitian ini difokuskan pada teknik triangulasi, peneliti mengambil triangulasi sumber dan triangulasi teknik. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa penanaman pendidikan karakter dalam mata pelajaran pendidikan agama di Full Day Excellent Class Hidayatul Murid Elementary School Ampel Wuluhan berjalan dengan sesuai visi dan misi yang ada dan memiliki cara dalam menanamkan pendidikan karakter dengan program pembiasaan dan pengembangan diri yakni ada 10 pembiasaan dan pengembangan diri yang wajib diintegrasikan dalam setiap pembelajaran yakni 1.kedisplinan dan tanggungjawab 2.Kebersihan dan kerapian 3.Kerajinan 4.Kejujuran 5.Kerjasama 6.Sholat Wajib 7.Sholat Sunnah 8.Membaca Al-qur’an di rumah 9.Kemandirian 10.Kesopanan. Dengan mewajibkan setiap mata pelajaran untuk mengintegrasikan dalam desain pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Dalam penanaman karakter religius ada 4 pembiasaan dan pengembangan diri yang terintegrasi dalam proses pembelajaran. Yakni 1.Sholat wajib 2.Sholat sunnah 3.Membaca Al-qur’an di rumah dan 4.Kesopanan. Pelibatan program ini menjadikan penanaman karaker religius mampu diaplikasikan didalam kelas dan di luar kelas juga. Dalam penanaman karakter tanggung jawab diaplikasikan dengan kewajiban-kewajiban diantaranya yang dikontrol dengan buku penghubung. Buku ini mensinergikan peran orang tua dirumah, peran sekolah dan peran masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:15
Last Modified: 03 Apr 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21536

Actions (login required)

View Item View Item