Implementasi Pembelajaran Fiqh Wanita dalam Menanamkan Pemahaman Thaharah pada Siswa di SMK Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Nurhayat, Diah Raidhatul (2017) Implementasi Pembelajaran Fiqh Wanita dalam Menanamkan Pemahaman Thaharah pada Siswa di SMK Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DIAH RAIDHATUL NURHAYAT_084 131 252.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran fiqih wanita merupakan pelajaran tambahan tapi sifatnya wajib bagi siswi di SMK Al-Muttaqin, karena salah satunya wanita dengan kodratnya yang ditentukan dengan keadilan Illahi mengalami masa-masa di mana ia mendapatkan darah keluar dari organnya yang khusus. Pembahasan soal darah pada wanita yaitu haid, nifas, dan istihadhah adalah pembahasan yang paling sering dipertanyakan oleh kaum wanita. Maka, penulis sangat tertarik dengan fenomena tersebut untuk diteliti sebagai tambahan keilmuan tentang kewanitaan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran fiqh wanita dalam menanamkan pemahaman thaharah pada siswa di SMK Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqh wanita dalam menanamkan pemahaman thaharah pada siswa di SMK Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fiqh wanita dalam menanamkan pemahaman thaharah pada siswa di SMK Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran fiqh wanita dalam menanamkan pemahaman thaharah pada siswa di SMK Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fiqh wanita dalam menanamkan pemahaman thaharah pada siswa di SMK Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran fiqh wanita dalam menanamkan pemahaman thaharah pada siswa di SMK Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMK Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran fiqh wanita di SMK Al-Muttaqin Jember adalah guru tidak berpatokan pada promes dan silabus, tetapi langsung pada penerapan praktik yang disesuaikan dengan kondisi masalah yang terjadi. 2) Pelaksanaan pembelajaran fiqh wanita di SMK Al-Muttaqin Jember adalah dalam penyampaian isi materi disesuaikan dengan kebutuhan siswi yang menjadi masalah dalam kehidupan sehari-hari siswi. 3) Evaluasi pembelajaran fiqh wanita di SMK Al-Muttaqin Jember adalah penilaian yang dilakukan dengan cara melakukan tes tulis dan portofolio.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:15
Last Modified: 03 Apr 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21538

Actions (login required)

View Item View Item