Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Permainan Tradisional Cublek-Cublek Suweng Pada Kelompok A Raudlatul Athfal Addimyathi Karanganyar Ambulu Jember

Swandayani, Atik (2019) Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Permainan Tradisional Cublek-Cublek Suweng Pada Kelompok A Raudlatul Athfal Addimyathi Karanganyar Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Atik Swandayani _T201511123.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permainan tradisional cublek cublek suweng dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional Pada Kelompok A Raudlatul Athfal Addimyathi Karanganyar Ambulu Jember dilakukan oleh guru kelas pada jam pembelajaran inti sangat berpengaruh positif dalam kegiatan belajar mengajar anak usia dini. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Permainan Tradisional Cublek-Cublek Suweng Pada Kelompok A Raudlatul Athfal Addimyathi Karanganyar Ambulu Jember. 2) Apa saja Hambatan dalam penerapan permainan tradisional cublek-cublek suweng dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak pada kelompok A Raudlatul Athfal Addimyathi Karanganyar Ambulu Jember. Tujuan penelitian dalam skripsi ini: 1) Mendeskripsikan Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Permainan Tradisional Cublek-Cublek Suweng Pada Kelompok A Raudlatul Athfal Addimyathi Karanganyar Ambulu Jember. 2) Mendeskripsikan hambatan penerapan permainan tradisional cublek-cublek suweng dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak pada kelompok A Raudlatul Athfal Addimyathi Karanganyar Ambulu Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya menggunakan deskriptif. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Meningkatkan kecerdasan emosional anak pada kelompok A R.A. Addimyathi dengan cara memberikan permainan tradisional cublak cublak suweng agar bisa mengendalikan emosional anak untuk melatih bersosialisasi, interaksi, kesabaran, kejujuran, tanggung jawab dan membangun kepercayaan diri. 2) Hambatan penerapan permainan tradisional cublek-cublek suweng dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak pada kelompok A Raudlatul Athfal Addimyathi Karanganyar Ambulu Jember, anak semakin senang dengan permainan ini dan sedikitnya bisa mengurangi permainan modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:15
Last Modified: 03 Apr 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21540

Actions (login required)

View Item View Item