Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Bermain Mengurutkan Angka pada Kelompok A Raudhatul Athfal Mabdaus Surur Sumbersalak, Ledokombo, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Sulikah, Eni (2019) Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Bermain Mengurutkan Angka pada Kelompok A Raudhatul Athfal Mabdaus Surur Sumbersalak, Ledokombo, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Eni Sulikah_T201511012.pdf

Download (8MB)

Abstract

Dengan adanya enam aspek perkembangan anak usia dini, bagaimana dengan kemampuan kognitif mengenal angka yang harus ditingkatkan pada kelompok A ( usia 4-5 tahun) diantaranya dengan metode bermain mengurutkan angka. Kemampuan kognitif mengenal angka merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus distimulasi dan dikembangkan secara maksimal serta sesuai tahapan usianya, Persepsi orang yang menganggap bahwasannya ketika anak sudah memasuki RA/TK, mereka akan dituntut untuk dapat mengembangkan kemampuan kognitifnya khususnya baca, tulis hitung (mengenal angka). Akibatnya orang tua menuntut lembaga RA/TK untuk mengajari anak calistung dengan tujuan dapat diterima di pendidikan lanjutan yang diinginkan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana kemampuan kognitif mengenal angka pada kelompok A RA Mabdaus Surur Sumbersalak Ledokombo Jember tahun pelajaran 2018/2019 dan bagaimana penerapan metode bermain mengurutkan angka pada kelompok A RA Mabdaus Surur Sumbersalak Ledokombo Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan kognitif mengenal angka pada kelompok A RA Mabdaus Surur Sumbersalak Ledokombo Jember tahun pelajaran 2018/2019 dan penerapan metode bermain mengurutkan angka di RA Mabdaus Surur Sumbersalak Ledokombo Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis deskriptif Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1) Kemampuan kognitif mengenal angka pada kelompok A, secara umum yaitu peserta didik mampu mengenal, menyebutkan serta membedakan angka 1-10. Hal ini juga diakui oleh wali murid kelompok A yang menganggap bahwa anaknya juga mampu menyebut, membedakan angka 1-10. Selain itu peserta didik kelompok A mampu memahami konsep bilangan. 2) Penerapan metode bermain mengurutkan angka di terapkan pada semua kegiatan, baik pada kegiatan pembuka, inti bahkan di kegiatan penutup. Proses pembelajarannya mengacu pada silabus yang telah ditetapkan. Dengan tujuan anak akan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran, tidak bosan serta kompetensi yang hendak dicapai tersampaikan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:15
Last Modified: 03 Apr 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21541

Actions (login required)

View Item View Item