Peningkatan Keterampilan Berbahasa Siswa Kelompok A Melalui Permainan Ular Naga Di Raudhotul Athfal Nurussalam Wuluhan,Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Wulandari, Enik (2018) Peningkatan Keterampilan Berbahasa Siswa Kelompok A Melalui Permainan Ular Naga Di Raudhotul Athfal Nurussalam Wuluhan,Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Enik Wulandari_T201511064.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permainan bagi anak usia dini merupakan suatu kegiatan yang sangat digemari. Sehingga dalam pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini pun dihimbau untuk menerapkan sistem belajar dengan bermain. Banyak jenis permainan yang dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan anak. Salah satu yang dapat dikembangkan adalah keterampilan berbahasa. Namun di RA. Nurussalam yang termasuk dalam lembaga pendidikan yang berada di kecamatan wuluhan ini masih belum bisa menerapkan hal tersebut. Oleh karena itu permasalahan ini menarik untuk diteliti. Fokus penelitian dari permasalahan ini adalah: 1) Bagaimana pemanfaatan permainan ular naga dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa kelompok A di RA. Nurussalam Wuluhan Jember? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbahasa siswa kelompok A di Ra. Nurussalam melalui Permainan Ular Naga? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pemanfaatan permainan ular naga dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa kelompok A di RA Nurussalam Wuluhan Jember. 2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbahasa siswa kelompok A di RA Nurussalam Wuluhan Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Data yang ada kemudian dibandingkan untuk mengetahui seberapa perbedaan dan persamaan kedua sudut pandang tersebut. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pemanfaatan permainan ular naga dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa kelompok A di RA. Nurussalam merupakan metode yang baru diterapkan dilembaga tersebut. Guru membuat serta merancang RPPH sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan media yang telah disiapkan dengan mempertimbangkan kemampuan siswanya. Pelaksanaan pembelajaran dengan pemanfaatan permainan ular naga disekolah RA. Nurussalam dilaksanakan dua minggu sekali, Dari kegiatan ini anak-anak dapat menambah kosa katanya. Guru dituntut untuk lebih kreatif lagi dalam proses pembelajaran untuk mengkomunikasikan materinya guna mencapai tujuan pembelajaran. 2).Peningkatan keterampilan berbahasa siswa kelompok A di RA. Nurussalam dengan memanfaatkan permainan ular naga berjalan sesuai dengan rencana, Proses membangun pengalaman bersifat aktif, anak terlibat langsung dalam kegiatan bermain yang menyenangkan. Selama bermain mereka menggunakan ide-ide baru, belajar mengambil keputusan, dan memecahkan masalah sederhana. Dengan adanya permainan ular naga ini anak dapat menambah dan memperkaya perbendaharaan kata, serta mereka menjadi lebih percaya diri untuk mengajukan pertanyaan pada guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:15
Last Modified: 03 Apr 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21543

Actions (login required)

View Item View Item