Membangun kompetensi Sosial Anak Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Kelompok A di RA Nurus Sholah Sukowiryo Jelbuk Jember

Asrikasari, Devi (2019) Membangun kompetensi Sosial Anak Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Kelompok A di RA Nurus Sholah Sukowiryo Jelbuk Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Devi Asrikasari_T201511106.pdf

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan sosial merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial. Dapat juga diartikan sebagai proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral dan tradisi, meleburkan diri jadi satu kesatuan, dan saling berkomunikasi dan bekerja sama Selain sebagai makhluk individu, secara fitrah manusia juga sebagai makhluk sosial, yang tidak bisa lepas dan selalu membutuhkan manusia yang lain. Menurut psikolog kebutuhan utama manusia, dan untuk menjadi manusia yang sehat secara rohani, adalah kebutuhan akan hubungan sosial yang ramah, yang hanya dapat terpenuhi dengan membina hubungan yang baik dengan orang lain. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana membangun kompetensi sosial anak dengan guru, sesama teman dan lingkungan sekolah melalui pembelajaran kooperatif di RA Nurus Sholah Sukowiryo, Jelbuk, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Desa Sukowiryo Jelbuk Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data condensation, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1), Membangun kompetensi sosial anak dengan guru melalui pembelajaran kooperatif pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Nurus Sholah Sukowiryo, Jelbuk, Jember. Hal tersebut dilakukan oleh guru kelompok A dengan cara dimulai dengan melatih anak dalam kegiatan yang melakukan kerjasama yang dapat memicu interaksi dan rasa sosial bagi anak, sehingga ketika anak dapat berinteraksi dengan baik dan muncul rasa sosial didalam dirinya, anak juga berani dan mampu berinteraksi dengan guru dengan baik tanpa rasa takut. Hal tersebut dikemas melalui pembelajaran kooperatif sebagai metode pembelajaran berkelompok yang melibatkan kerjasama. 2), Membangun kompetensi sosial anak dengan sesama teman melalui pembelajaran kooperatif pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Nurus Sholah Sukowiryo, Jelbuk, Jember. Hal tersebut dilakukan oleh guru kelompok A dengan cara atau metode pembelajaran yang tepat. Adapun metode pembelajaran tersebut adalah pembelajaran kooperatif atau berkelompok. 3), Mengembangkan kompetensi sosial anak dengan lingkungan sekolah melalui pembelajaran kooperatif pada anak kelompok A. Hal tersebut dilakukan oleh guru kelompok A dengan cara dilatihnya bersama guru dan teman anak lebih dahulu agar lebih mudah dalam menyesuaikan diri, sebagai bekal anak nanti menghadapi dunia luar selain rumah dan sekolah serta sebagai bekal untuk menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:15
Last Modified: 03 Apr 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21544

Actions (login required)

View Item View Item