Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Aspek Bahasa Anak Kelompok B di RA Al-Barokah Kecamatan Patrang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Megawati, Erny (2019) Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Aspek Bahasa Anak Kelompok B di RA Al-Barokah Kecamatan Patrang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Erny Megawati_T201511005.pdf

Download (5MB)

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang sedang membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangan baik perkembangan fisik maupun psikis, yaitu intelektual, bahasa, motorik, dan sosio-emosional. Pembelajaran pada pendidikan anak usia dini mengunakan pembelajaran terpadu. Dimana setiap kegiatan pembelajaran mencakup pengembangan seluruh aspek perkembangan anak. Hal ini di lakukan karena antara satu aspek dengan aspek perkembangan lainnya saling terkait. Pembelajaran terpadu dilakukan dengan menggunakan tema sebagai wahana untuk mengenalkan berbagai konsep kepada anak secara utuh. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode bercerita tanpa alat peraga dalam mengembangkan aspek Bahasa Anak di Raudatul Athfal (RA) Al-Barokah Patrang Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana penerapan metode bercerita dengan alat peraga dalam mengembangkan aspek bahasa Anak di Raudhatul Athfal (RA) Al-Barokah Patrang Jember tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan penelitian untuk mendiskripsikan 1) Mendiskripsikan penerapan metode bercerita tanpa alat peraga dalam mengembangkan aspek Bahasa Anak, 2) Mendiskripsikan penerapan metode bercerita dengan alat peraga dalam mengembangkan aspek bahasa Anak. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian field research. Penentuan subjek penelitian menggunakan tehnik purposive. Sementara pengumpulan data menggunakan tiga tehnik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data, penelitian ini menggunakan analisi data deskriptif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan peningkatan ketekunan, trianggulasi, dan menggunakan bahan refrensi buku. Hasil penelitian ini yaitu: 1) penerapan metode bercerita tanpa alat peraga menghasilkan anak didik kurang mampu menguasai bahasa yang pada buku cerita dan materi yang telah disampaikan. Dalam hal ini guru melaksanakan pembelajaran dilakukan secara tematik berdasrkan RPPH. 2) penerapan metode bercerita dengan alat peraga dengan dengan media elektronik, media alam bebas dan media gambar visual. Kemampuan bahasa anak didik dalam hal ini mampu menyebutkan nama-nama benda atau gambar anggota tubuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:16
Last Modified: 03 Apr 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21545

Actions (login required)

View Item View Item