Internalisasi Nilai-nilai Keislaman Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/ 2016

Fauziah, Elok (2015) Internalisasi Nilai-nilai Keislaman Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Fauziah_084111228.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sekolah Menengah Atas adalah sekolah umum yang sering dianggap oleh masyarakat bahwa sedikit sekali pendidikan-pendidikan agama Islam yang diajarkan, bahkan kebanyakan pendidikan agama Islam menjadi nomor dua setelah pendidikan umum, karena di SMA tidak hanya terdapat satu penganut agama saja melainkan berbagai macam agama ada disana. Bertolak belakang dengan pernyataan tersebut, SMA Negeri 2 Jember melaksanakan kegiatan-kegiatan keislaman disekolah, dengan cara memberikan internalisasi nilai-nilai keislaman pada siswa. Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran dilaksanakan di SMA Negeri 2 Jember dengan maksud dan tujuan untuk memberikan pendalaman tentang ajaran Islam kepada siswa dan menanamkan nilai-nilai keislaman secara bertahap. Fokus kajian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan internalisasi nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2015/2016. 2) Bagaimana pelaksanaan internalisasi nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2015/2016. 3) Bagaimana evaluasi internalisasi nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2015/2016. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan perencanaan internalisasi nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2015/2016. 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2015/2016. 3) untuk mendeskripsikan evaluasi internalisasi nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif fenomenologis dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data menggunakan analisis model interaktif dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini : 1) Perencanaan internalisasi nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi penyusunan silabus pembelajaran dan RPP pembelajaran pendidikan agama Islam sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Internalisasi nilai-nilai keislaman pada perencanaan pembelajaran yakni penyantuman pelantunan asma’ul husna dan pembacaan alQur’an surah pendek setiap belum dimulainya pembelajaran PAI. 2) Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi pemilihan bahan pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran .yang interaktif, bervariasi dan mengandung internalisasi nilai-nilai keislaman, pemilihan media dan sumber pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan dan keadaan sekolah, serta mengadung internalisasi nilai-nilai keislaman.3) Evaluasi internalisasi nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi evaluasi formatif dan evaluasi sumatif, penilaian hasil belajar dilihat dari aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik dan mengandung nilai-nilai keislaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:16
Last Modified: 03 Apr 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21549

Actions (login required)

View Item View Item