Implementasi Keterampilan Berbahasa Melalui Media Boneka Kertas pada RA Nurus Salam Kraton Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun 2018

Azizah, Emilatul (2019) Implementasi Keterampilan Berbahasa Melalui Media Boneka Kertas pada RA Nurus Salam Kraton Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Emilatul Azizah_T201511022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Hal ini haruslah disadari benar, terutama oleh guru yang mengajarkan bahasa Indonesia pada khususnya dan guru bidang studi lain pada umumnya. Dalam menjalankan tugasnya sehari-hari, guru bahasa harus memahami bahwa tujuan akhir pembelajaran bahasa adalah agar siswa dapat mempergunakan bahasa sebagai alat berkomunikasi, dan agar siswa terampil berbahasa Indonesia secara baik dan benar. Fokus penelitian adalah: (1) Bagaimana perencanaan keterampilan berbahasa menggunakan media boneka kertas di RA Nurus Salam Kraton Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun 2018?, (2) Bagaimana pelaksanaan keterampilan berbahasa menggunakan media boneka kertas di RA Nurus Salam Kraton Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun 2018? dan (3) Bagaimana evaluasi keterampilan berbahasa menggunakan media boneka kertas di RA Nurus Salam Kraton Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun 2018? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan keterampilan berbahasa menggunakan media boneka kertas di RA Nurus Salam Kraton Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun 2018, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan keterampilan berbahasa menggunakan media boneka kertas, dan (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi keterampilan berbahasa menggunakan media boneka kertas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan analisis model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian dapat disimpukan bahwa (1) Perencanaan keterampilan berbahasa menggunakan media boneka kertas dilakukan dengan cara guru membuat RPPH dan RPPM sehingga pembelajaran berjalan efektif dan efisien, (2) Pelaksanaan keterampilan berbahasa menggunakan media boneka kertas dibagi dalam beberapa tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, (3) Evaluasi keterampilan berbahasa menggunakan media boneka kertas terdiri dari evaluasi tes dan nontes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:16
Last Modified: 03 Apr 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21550

Actions (login required)

View Item View Item