Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Pola Suku Kata di RA Al-Barokah Baratan, Patrang, Jember

Umaroh, Fina Lutvica (2019) Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Pola Suku Kata di RA Al-Barokah Baratan, Patrang, Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fina Lutvica Umaroh_T20155003.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan keaksaraan anak merupakan kemampuan awal sebelum anak bisa membaca dan menulis. Kemampuan keaksaraan adalah kemampuan mengenal simbol-simbol huruf, bunyi huruf dari huruf A sampai Z. Kegiatan sehari-hari anak tidak lepas dari bermain. Dalam pembelajaran di tingkat pendidikan anak usia dini bermain merupakan metode yang mudah untuk dapat meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak. Salah satu permainan untuk kemampuan keaksaraan anak adalah bermain pola suku kata. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan bermain pola suku kata dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di RA Al-Barokah Baratan, Patrang, Jember? 2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan bermain pola suku kata dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di RA Al-Barokah Baratan, Patrang, Jember? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan bermain pola suku kata, kelebihan dan kekurangan dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di RA Al-Barokah Baratan, Patrang, Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini di RA Al-Barokah Desa Baratan, Patrang, Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan data condensation, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini: 1) Pelaksanaan bermain pola suku kata di RA AlBarokah yaitu guru menyiapkan media bermain, guru mengawali bermain pola suku kata dengan guru memanggil salah satu anak, kemudian guru menunjukkan salah satu gambar kepada anak, anak mencari huruf dari nama gambar tersebut, setelah menemukan huruf yang dicari kemudian ditempel di papan tulis dan dibaca dengan tidak mengeja huruf. Cara lainnya diawali guru yang sudah menempelkan satu suku kata di papan tulis, kemudian anak mencari huruf selanjutnya sesuai yang disebutkan guru dan ditempelkan di papan tulis, kemudian anak membaca dengan tidak mengeja huruf. 2) Kelebihan dari bermain pola suku kata adalah anak dapat meningkatkan kemampuan kognitif dari anak berusaha menemukan huruf yang dicari, anak dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dari gerakan menempel kartu huruf di papan tulis dan anak dapat meningkatkan kemampuan membaca dari yang awalnya anak membaca dengan mengeja huruf menjadi membaca tidak mengeja huruf. Sedangkan kekurangan dari bermain pola suku kata adalah untuk anak yang belum hafal semua huruf akan kesulitan ketika mencari huruf yang ditentukan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:16
Last Modified: 03 Apr 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21553

Actions (login required)

View Item View Item