Ferdianto, Frisky (2019) Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Negeri 3 Balung Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Frisky Ferdianto_084141214.pdf Download (4MB) |
Abstract
Figur seorang guru dalam dunia pendidikan selalu menjadi topik pembicaraan karena guru merupakan salah satu faktor pendidikan yang sangat penting, oleh karena itu guru mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Guru pendidikan agama Islam di sekolah yang berkaitan langsung dalam pencapaian tujuan pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam di sekolah. Tugas guru dalam pembelajaran agama Islam meliputi menyampaikan materi, membimbing, melatih, memotivasi, memfasilitasi, dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Sehubungan dengan hal itu guru agama Islam dituntut untuk mempunyai upaya-upaya yang bagus demi peningkatan kualitas pembelajaran, namun seorang guru pasti mempunyai waktu yang relatif terbatas untuk membimbing peserta didik di sekolah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 3 Balung tahun pelajaran 2018/2019?. Sedangkan sub fokus penelitian adalah: 1) bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang bersifat akademik di SMP Negeri 3 Balung?. 2) bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang bersifat non akademik di SMP Negeri 3 Balung?. Tujuan umum yang ingin di capai dalam skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 3 Balung tahun pelajaran 2018/2019. Sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini, yaitu: untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang bersifat akademik dan non akademik di SMP Negeri 3 Balung tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Metode atau cara yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan juga menggunakan analisa data. Selanjutnya dalam memeriksa tingkat keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang bersifat akademik di SMP Negeri 3 Balung tahun pelajaran 2018/2019 adalah, diantaranya: a) Penggunaan strategi pembelajaran aktif (active learning), b) Pendekatan secara individu antara guru dengan siswa, dan c) Program kegiatan keagamaan. Kedua, upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang bersifat non akademik di SMP Negeri 3 Balung adalah, diantaranya: a) Melaksanakan strategi pembelajaran aktif (active learning) dengan pembelajaran yang bervariasi, meliputi metode ceramah, metode praktikum dan simulasi, b) Melaksanakan pendekatan secara individu yang berorientasi kepada siswa, yaitu untuk memenuhi kebutuhan siswa dan c) Melaksanakan kegiatan keagamaan, yaitu sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah serta kegiatan baca tulis Al-Qur’an (BTA) yang terjadwal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 07:16 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 07:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21555 |
Actions (login required)
View Item |