Upaya IAIN Jember dalam Menangkal Pemahaman Radikalisme Agama (Studi atas Kurikulum Prodi PAI FTIK IAIN Jember).

Anwar, Haerul (2018) Upaya IAIN Jember dalam Menangkal Pemahaman Radikalisme Agama (Studi atas Kurikulum Prodi PAI FTIK IAIN Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Haerul Anwar_084 111 084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Prodi PAI FTIK IAIN Jember adalah salah satu program studi di IAIN Jember yang berfungsi sebagai wadah berlangsungnya proses transformasi pengetahuan dan nilai. Oleh karenanya, begitu penting untuk membangun pemahaman keagamaan yang terbuka terhadap pluralitas budaya sehingga mampu menangkal pemahaman radikalisme mahasiswa. Hal itu diwujudkan melalui pendekatan kurikum (materi) yang direalisasikan melalui beberapa mata kuliah, satu di antaranya ialah Mata Kuliah Islam Nusantara dan Kepesantrenan. Fokus penelitian ini terdiri dari dua hal, yaitu (1) bagaimana model pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Agama Islam dalam menangkal pemahaman radikalisme Agama? (2) bagaimana materi kuliah Prodi Pendidikan Agama Islam dalam menangkal pemahaman radikalisme Agama? Sementara tujuan penelitian juga meliputi dua hal, yakni (1) untuk mendeskripsikan model pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Agama Islam dalam menangkal pemahaman radikalisme agama, (2) untuk mendeskripsikan materi kuliah Prodi Pendidikan Agama Islam dalam menangkal pemahaman radikalisme agama. Pendekatakan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian field research dengan bentuk case study. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sementara pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif model analisis Miles and Huberman. Adapun untuk menguji keabsahan, peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Penelitian ini menghasilkan (1) pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Agama Islam dalam menangkal pemahaman radikalisme agama yang terdiri dari dua model, yakni The Grass Roots Model dan The Demonstration Model (2) terdapat dua jenis materi kuliah Prodi Pendidikan Agama Islam dalam menangkal pemahaman radikalisme agama pertama, materi kuliah yang secara terpisah membentuk satu mata kuliah (separated subject curriculum) yaitu Islam Nusantara dan Kepesantrenan dengan materi Peran Walisongo dalam Penyebaran Islam di Nusantara. Kedua, materi yang melebur terhadap mata kuliah lainnya (correlated curriculum) yaitu Pengantar Studi Islam dengan materi Islam Indonesia dan Gerakan Islam Transnasional, dan Mata Kuliah Akhlak dan Tasawuf dengan materi Macam-Macam Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:16
Last Modified: 03 Apr 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21556

Actions (login required)

View Item View Item