Peningkatan Nilai-nilai Karakter Anak melalui Permainan Tradisional Dam-daman Kelompok B di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Arjasa JemberTahun Pelajaran 2019/2020.

Sakdiyah, Holifatus (2019) Peningkatan Nilai-nilai Karakter Anak melalui Permainan Tradisional Dam-daman Kelompok B di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Arjasa JemberTahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HOLIFATUS SAKDIYAH_T201511086.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan karakter penting diberikan sejak anak usia dini, agar nilai kebaikan tertanam pada anak, sehingga kelak anak terbiasa ketika telah dewasa. Karena pada usia tersebut, anak masih belum banyak terpengaruh oleh lingkungan sekitar. Nilai-nilai karakter yang mudah diterapkan untuk anak usia dini adalah nilai karakter mandiri, disiplin, dan tanggung jawab. Nilai-nilai karakter tersebut dapat dikembangkan melalui permainan tradisional. Dengan menggunakan permainan tradisional disamping dapat meningkatkan nilai-nilai karakter anak, juga bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa. Salah satu permainan tradisional yang dapat digunakan untuk meningkatkan nilai-nilai karakter anak adalah permainan dam-daman. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peningkatan nilai karakter mandiri anak melalui permainan tradisional dam-daman pada kelompok B di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?, 2) Bagaimana peningkatan nilai karakter disiplin anak melalui permainan tradisional dam-daman pada kelompok B di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?, dan 3) Bagaimana peningkatan nilai karakter tanggung jawab anak melalui permainan tradisional dam-daman pada kelompok B di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peningkatan nilai karakter mandiri anak melalui permainan tradisional dam-daman pada kelompok B di Raudhatul Athfal Ar-rohmah Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Mendeskripsikan peningkatan nilai karakter disiplin anak melalui permainan tradisional dam-daman, dan 3) Mendeskripsikan peningkatan nilai karakter tanggung jawab anak melalui permainan tradisional dam-daman. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode, 1) observasi, 2) wawancara semiterstruktur, dan 3) dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Nilai karakter mandiri anak dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional dam-daman pada kelompok B di Raudhatul Athfal Ar-Rohmah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2019/2020 yang terlihat pada saat anak melakukan permainan tersebut anak dapat menyiapkan peralatan mainnya, anak juga dapat menyusun strategi agar dapat memenangkan permainan, 2) Nilai karakter disiplin anak dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional dam-daman yang terlihat ketika anak dapat mentaati aturan permainan yang ada dalam prosedur permainan, dan 3) Nilai karakter tanggung jawab anak dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional dam-daman yang terlihat ketika anak bertanggung jawab menjalankan gacu/pionnya sampai permainan usai dan pada akhir permainan anak bertanggung jawab untuk membereskan alat mainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:16
Last Modified: 03 Apr 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21557

Actions (login required)

View Item View Item