Pengaruh Inflasi Dan Nilai tukar rupiah Rupiah Terhadap Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), IAIN Jember 2013.

Faizah, Hilmiyatul (2018) Pengaruh Inflasi Dan Nilai tukar rupiah Rupiah Terhadap Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), IAIN Jember 2013. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hilmiyatul Faizah_083133056.pdf

Download (14MB)

Abstract

Serifikat Sertifikat Bank Indonesia Syariah yang disebut SBIS adalah surat berharga berdasarkan prinsip syariah berjangka waktu pendek dalam mata uang rupiah yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Rumusan masalah dalam skripsi ini: 1. Apakah inflasi dan nilai tukar rupiah rupiah rupiah berpengaruh signifikan secara partial terhadap SBIS? 2.Apakah inflasi dan nilai tukar rupiah rupiah rupiah berpengaruh signifikan secara simultan terhadap SBIS? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Untuk mengetahui signifikansi pengaruh inflasi dan nilai tukar rupiah rupiah rupiah secara partial terhadap SBIS dan untuk mengetahui signifikansi pengaruh inflasi dan nilai tukar rupiah rupiah rupiah secara simultan terhadap SBIS. Data yang digunakan penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan triwulan Bank Indonesia (BI). Dengan tahun penelitian 2014-2016. Peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian time series. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi linier berganda, yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap suatu variabel terikat. Dalam analisis regresi linier ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu: Koefisien Determinasi (R2 ), uji t, dan uji f. Namun sebelum melakukan analisis regresi, terlebih dahulu data harus memenuhi Uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji t (partial) dapat dilihat dari hasil perhitungan diketahui bahwa nilai signifikansi yang dihasilkan untuk variabel X (inflasi dan nilai tukar rupiah) berpengaruh sebesar 0,534. Dan hasil dari uji f menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang dihasilkan variabel X (inflasi dan nilai tukar rupiah) berpengaruh sebesar 0,745. Kata Kunci: Inflasi nilai tukar rupiah, SBIS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:17
Last Modified: 03 Apr 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21560

Actions (login required)

View Item View Item