Penerapan Program Bimbingan Akhlak Kepesantrenan di MTs Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018.

Lailiah, Jamilatul (2018) Penerapan Program Bimbingan Akhlak Kepesantrenan di MTs Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Jamilatul Lailiah_084141510.pdf

Download (11MB)

Abstract

Fenomena yang dialami para remaja saat ini adalah adanya krisis akhlak. Adanya krisis akhlak salah satunya dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman agama ataupun lemahnya dasar agama pada diri remaja. Sehingga perlu ada upaya dari lingkungan pendidikan salah satunya ialah sekolah untuk memberikan pemahaman dan dasar agama yang kuat. Dengan pemahaman agama yang baik diharapkan dapat menjadi bekal dan benteng bagi remaja dalam mengahadapi krisis akhlak. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Penerapan Bimbingan Akhlak Kepesantrenan di MTs Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan rincian permasalahan sebagai berikut: 1. Bagaimana perencanaan program bimbingan akhlak kepesantrenan di MTs Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Bagaimana pelaksanaan program bimbingan akhlak kepesantrenan di MTs Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. 3. Bagaimana evaluasi program bimbingan akhlak kepesantrenan di MTs Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan perencanaan program bimbingan akhlak kepesantrenan di MTs Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Mendeskripsikan pelaksanaan program bimbingan akhlak kepesantrenan di MTs Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. 3. Mendeskripsikan perencanaan program bimbingan akhlak kepesantrenan di MTs Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Dalam mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman mulai dari pengumpulan data, data reduction, data verification, dan conslusion. Sedangkan dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa a. Perencanaan bimbingan akhlak kepesantrenan di MTs Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari menggunakan dua tahapan, yaitu: 1) Menyiapkan materi bimbingan akhlak kepesantrenan. 2) Menyiapkan media bimbingan akhlak kepesantrenan. b. Pelaksanaan bimbingan akhlak kepesantrenan di MTs Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari menggunakan metode: 1) Metode Sorogan, 2) Metode Bandongan, 3) Metode Hafalan, 4) Metode Demonstrasi, 5) Metode Ceramah. Adapun dalam penanaman akhlak guru menyampaikan melalui nasehat-nasehat, anjuran, ajakan, pembiasaan dan keteladananan. c. Evaluasi yang digunakan guru bimbingan akhlak kepesantrenan di MTs Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari ada dua bentuk evaluasi yaitu: 1) Tes Tertulis, 2) Tes Lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:17
Last Modified: 03 Apr 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21564

Actions (login required)

View Item View Item