Penerapan Sistem Informasi Pemasaran (SIP) dalam Manajemen Fnancing KUR Mikro iB di BRI Syariah KCP Kepanjen Malang

Putri, Imas Maulidina (2018) Penerapan Sistem Informasi Pemasaran (SIP) dalam Manajemen Fnancing KUR Mikro iB di BRI Syariah KCP Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Imas Maulidina Putri_083133080.pdf

Download (3MB)

Abstract

Teknologi dan sistem informasi berbasis internet dalam waktu singkat menjadi bahan yang dibutuhkan untuk keberhasilan bisnis dilingkungan global yang dinamis saat ini. Sistem informasi dalam dunia perbankan merupakan suatu keniscayaan, karena dalam operasionalnya dituntut kecepatan dalam pertukaran informasi maupun dalam kapasitas penyimpanan data tentang informasi bank. Pada tahun 2017 BRISyariah menjadi bank syariah pertama penyalur KUR dengan skema syariah di Indonesia. Karena KUR Mikro iB merupakan produk baru di BRI Syariah dan hanya satu-satu nya yang tidak ada di bank-bank syariah lainnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Sistem Informasi Pemasaran di BRI Syariah KCP Kepanjen Malang, 2) Bagaimana Manajemen FinancingKUR Mikro iB di BRI Syariah KCP Kepanjen Malang, 3) Bagaimana Analisa Penerapan Sistem Informasi Pemasaran dalam Manajemen FinancingKUR Mikro iB di BRI Syariah KCP Kepanjen Malang. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana Penerapan Sistem Informasi Pemasaran di BRI Syariah KCP Kepanjen Malang, 2) Untuk mengetahui bagaimana Manajemen Financing KUR Mikro iB di BRI Syariah KCP Kepanjen Malang, 3) Untuk mengetahui bagaimana Analisa Penerapan Sistem Informasi Pemasaran dalam Manajemen Financing KUR Mikro iB di BRI Syariah KCP Kepanjen Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dalam prosesnya peneliti menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpukan penerapan sistem informasi yang ada di BRI Syariah KCP Kepanjen Malang, bahwa sistem informasi pemasaran dalam manajemen financing KUR Mikro iB yang diterapkan menggunakan sistem aplikasi Apple yang telah terpantau langsung ke kantor pusat, tugas dari pengguna sistem tersebut hanya menginput data-data tentang calon nasabah yang nantinya akan dikirim langsung ke kantor pusat, serta manajemen Financing di KUR Mikro iB dalam prosedur pembiayaannya mengggunakan analisa Character, Capital, Dan Capacity, karena dalam KUR Mikro iB analisa Condition Of Economytidak berpengaruh, dan analisa Collateral tidak di gunakan karena dalam KUR Mikro iB tidak ada barang jaminan. Analisa penerapan sistem informasi manajemen di BRI Syariah KCP Kepanjen Malang, adanya sistem Aplikasi Apple tersebut menjadi lebih efektif dan efisien serta memudahkan pimpinan dan para penggunanya dalam mengambil data-data yang dibutuhkan. Strategi dan analisa dari calon nasabah sangat diperlukan mengingat agar pembiayaan yang diberikan tepat sasaran. Kata Kunci: Penerapan Sistem Informasi Pemasaran,Pembiayaan KUR Mikro iB

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:17
Last Modified: 03 Apr 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21565

Actions (login required)

View Item View Item