Rijal, Khoiru (2017) Pembelajaran Muatan Lokal (Mulok) Aswaja Melalui Kitab Aqidatul Awam Di SMP Nurul Islam (Nuris) Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Khoiru Rijal_084131041.pdf Download (4MB) |
Abstract
Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama islam beraliran Ahlussunnah Wal Jama’ah. Namun dengan adanya arus globalisasi seperti saat ini sangat mudah paham lain yang berbeda dengan paham Ahlussunnah Wal Jama’ah masuk di Indonesia. Hal tersebut tentu bisa mengancam aqidah umat Islam di Indonesia yang mayoritas menganut paham Ahlussunnah Wal Jama’ah. Salah satu cara memperkokoh aqidah ini agar tidak mudah terpengaruh oleh perkembangan zaman adalah dengan cara mengkaji materi aqidah melalui kajian khusus atau dalam suatu pembelajaran jika di lembaga formal. Salah satunya seperti yang di terapkan di SMP Nurul Islam (Nuris) Jember. Di lembaga ini aqidah Ahlussunah Wal Jama’ah di pelajari secara khusus dalam pelajaran muatan lokal Aswaja, di samping itu lembaga ini berada di bawah naungan pondok pesantren Nurul Islam. Pengasuh pondok pesantren ini adalah Kiyai Muhyiddin Abdusshomad yang di juluki sebagai rujukan Aswaja nasional. Hal inilah yang menarik peneliti untuk melakukan penelitian di lembaga tersebut. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran muatan lokal (mulok) Aswaja melalui kitab Aqidatul Awam di SMP Nurul Islam (Nuris) Jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran muatan lokal (mulok) Aswaja melalui kitab Aqidatul Awam di SMP Nurul Islam (Nuris) Jember?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran muatan lokal (mulok) Aswaja melalui kitab Aqidatul Awam di SMP Nurul Islam (Nuris) Jember?. Adapun tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran muatan lokal (mulok) Aswaja melalui kitab Aqidatul Awam di SMP Nurul Islam (Nuris) Jember, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran muatan lokal (mulok) Aswaja melalui kitab Aqidatul Awam di SMP Nurul Islam (Nuris) Jember, 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran muatan lokal (mulok) Aswaja melalui kitab Aqidatul Awam di SMP Nurul Islam (Nuris) Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumenter. Dalam analisisnya menggunakan teori interaktif Miles dan Hubermen, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Adapun hasil penelitian yang di peroleh dari data yang telah di kumpulkan terkait pembelajaran muatan lokal (mulok) Aswaja melalui kitab Aqidatul Awam adalah 1) Perencanaan sudah sesuai dengan prosedur dan prosesnya lembaga membentuk team khusus yang disebut team mulok unggulan. 2) Dalam pelaksanaan sudah terlihat bahwa perencanaan yang dibuat telah dilaksanakan dengan baik dengan metode pilihan seperti ta’allum, sirah nabawi dan kompetisi. Pembelajaran juga diawali dengan pembacaan nadhom secara serentak. 3) Dalam evalusi di lembaga ini memiliki keunikan yakni di samping menggunakan tes seperti pada umumnya juga mengadakan lomba yang dikenal dengan sebutan D’Competition Aswaja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 07:17 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 07:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21566 |
Actions (login required)
View Item |