Pengaruh Inflasi Dan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Dana Pihak Ketiga (Studi Pada BUS Dan UUS Di Indonesia Periode 2014-2016).

Hidayah, Laili Nur (2018) Pengaruh Inflasi Dan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Dana Pihak Ketiga (Studi Pada BUS Dan UUS Di Indonesia Periode 2014-2016). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laili Nur Hidayah_083143115.pdf

Download (2MB)

Abstract

Krisis keuangan dunia terjadi pada tahun 2008 yang dipicu oleh krisis kredit perumahan, produk sekuritas dan bangkrutnya beberapa perusahaan besar di Amerika Serikat. Krisis ini ikut mempengaruhi perekonomian di Indonesia, salah satunya adalah sektor industri perbankan. Sektor industri perbankan merupakan sektor yang rentan terhadap risiko karena sektor ini berhubungan dengan tingkat kepercayaan atas pengembalian dana di masa mendatang. Tantangan terbesar yang dihadapi perbankan syariah adalah likuiditas. Sebagai lembaga intermediasi, bank sangat rentan dengan risiko inflasi terkait dengan mobilitas dananya. Apabila suatu negara mengalami inflasi yang tinggi akan menyebabkan naiknya konsumsi, sehingga akan mempengaruhi pola saving dan pembiayaan pada masyarakat. Salah satu yang menjadi ciri khas dari perbankan syariah adalah sistem bagi hasil untuk pembagian keuntungan. Seharusnya nisbah bagi hasil memberikan keuntungan yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan bunga di bank konvensional. Hal ini karena sistem bagi hasil yang diberikan berdasarkan nisbah keuntungan yang disepakati saat nasabah membuka rekening. Selain itu nisbah bagi hasil juga memiliki kelebihan lain, yaitu lebih stabil terhadap gejolak ekonomi makro. Selama krisis moneter, bank syariah masih dapat menunjukkan kinerja lebih baik dibandingkan dengan lembaga perbankan konvensional. Maka dalam penelitian ini penulis meneliti apakah terdapat pengaruh inflasi dan nisbah bagi hasil terhadap dana pihak ketiga (study pada BUS dan UUS di Indonesia periode 2014-2016). Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah secara parsial inflasi dan nisbah bagi hasil berpengaruh terhadap dana pihak ketiga pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah di Indonesia? 2) Apakah secara simultan inflasi dan nisbah bagi hasil berpengaruh terhadap dana pihak ketiga pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah di Indonesia? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inflasi dan nisbah bagi hasil terhadap dana pihak ketiga pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Regresi Linier Berganda yaitu Ordinary Least Square (OLS). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan data time series. Data time series adalah data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Inflasi tidak berpengaruh terhadap dana pihak ketiga pada BUS dan UUS di Indonesia, 2) Nisbah bagi hasil berpengaruh terhadap dana pihak ketiga pada BUS dan UUS di Indonesia, 3) Inflasi dan nisbah bagi hasil secara simultan berpengaruh terhadap dana pihak ketiga pada BUS dan UUS di Indonesia. Kata Kunci: Inflasi, Nisbah Bagi Hasil, dan Dana Pihak Ketiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:17
Last Modified: 03 Apr 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21569

Actions (login required)

View Item View Item