Implementasi Islamic Social Reporting (ISR) dalam Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perbankan Syariah di Indonesia.

Hilimiyah, Milta Furi (2018) Implementasi Islamic Social Reporting (ISR) dalam Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perbankan Syariah di Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Milta Furi Hilmiyah_ 083 143 226.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan pada sistem konvensional hanya berfokus pada aspek material dan moral. Seharusnya aspek spiritual juga dijadikan sebagai fokus utama dalam pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan. Oleh karena itu, perlu adanya kerangka khusus untuk pelaporan pertanggung jawaban sosial yang sesuai dengan prinsip Islam. Seiring berkembangnya lembaga bisnis Islam di Indonesia banyak peneliti mengukur laporan CSR dalam Islam banyak yang menggunakan filosofi Al-Qur’an dan hadist. Dalam lembaga bisnis syariah disebut Islamic Social Reporting (ISR). Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah bagaimana implementasi Islamic Social Reporting (ISR) dalam pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) perbankan syariah Indonesia?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Islamic Social reporting dalam pengungkapan Corporate Social Responsibility perbankan syariah Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan memanfaatkan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan (annual report) dengan cara mengunduh (download) melalui official website masing-masing sampel penelitian. Berdasarkan hasil skoring pengukuran Indeks ISR sampel bank syariah dinilai kurang informatif yakni sebesar 61,35%, ini dikarenakan kurang adanya transparansi mengenai standard kinerja perusahaan yang berbasis syariah. Kata Kunci : Islamic Social Reporting (ISR) dan Corporate Social Responsibility (CSR)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:17
Last Modified: 03 Apr 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21571

Actions (login required)

View Item View Item