Pembinaan Akhlak melalui Kajian Terjemah Kitab Durratun Nashihin di Madrasah Diniyah Zainul Umam Tisnogambar Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Sholihah, Masfufatus (2017) Pembinaan Akhlak melalui Kajian Terjemah Kitab Durratun Nashihin di Madrasah Diniyah Zainul Umam Tisnogambar Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Masfufatus Sholihah_084131027.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang esensial untuk dapat mengembangkan potensi pada diri manusia baik jasmani maupun rohani. Pembelajaran pembinaan akhlak dimaksudkan untuk membelajarkan atau mengajarkan murid dan mengarahkan murid menjadi lebih baik, sopan dan santun. Maka pendidikan harus diselenggarakan secara sistematis guna mencapai tujuan tersebut yang berkaitan dengan pembentukan karakter melalui pendidikan karakter sehingga peserta didik tidak hanya mampu bersaing secara akademis, namun juga memiliki etika dan moral sebagi generasi penerus bangsa.Penelitian ini membahas tentang Pembinaan Akhlak melalui Kajian Terjemah Kitab Durratun Nashihin di Madrasah Diniyah Zainul Umam. Penelitian ini menarik untuk di bahas karena hanya di Madrasah Diniyah Zainul Umam ini menggunakan Terjemah Kitab Durratun Nashihin. Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Apa saja materi Pembinaan Akhlak melalui Kajian Terjemah Kitab Durratun Nashihin di Madrasah Diniyah Zainul Umam 2) Apa metode Pembinaan Akhlak melalui Kajian Terjemah Kitab Durratun Nashihin di Madrasah Diniyah Zainul Umam 3) Apa saja faktor penghambat pembinaan akhlak melalui Kajian Terjemah Kitab Durratun Nashihin di Madrasah Diniyah Zainul Umam. Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan materi Pembinaan Akhlak melalui Kajian Terjemah Kitab Durratun Nashihin di Madrasah Diniyah Zainul Umam 2) Mendeskripsikan metode Pembinaan Akhlak melalui Kajian Terjemah Kitab Durratun Nashihin di Madrasah Diniyah Zainul Umam 3)Mendeskripsikan faktor penghambat pembinaan akhlak melalui Kajian Terjemah Kitab Durratun Nashihin di Madrasah Diniyah Zainul Umam. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif (deskriptif). penelitian kualitatif pendekatannya tidak memiliki aturan, prosedur tetap, lebih terbuka dan terus berkembang sesuai dengan kondisi lapangan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Materi Pembinaan Akhlak meliputi Tawadhu’, sabar, tawakal, taubat, dan istiqomah. 2) Metode pembinaan akhlak yang diterapkan yaitu metode pembiasaan dan metode Ibrah atau Mau’idhah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:18
Last Modified: 03 Apr 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21572

Actions (login required)

View Item View Item