Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Menara Angka Pada Anak Kelompok A Ra Miftahul Jannah Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Hernawati, Ms (2019) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Menara Angka Pada Anak Kelompok A Ra Miftahul Jannah Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Hernawati_T201511051.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada dasarnya pengembangan kognitif dimaksudkan agar anak mampu melakukan eksplorasi terhadap dunia sekitar melalui pancaindranya, sehingga dengan pengetahuan yang didapatnya tersebut anak akan dapat melangsungkan hidupnya dan menjadi manusia yang utuh sesuai dengan kodratnya sebagai makhluk Tuhan yang harus memberdayakanapa yang ada di dunia ini untuk kepentingan dirinya dan orang lain Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan menara angka kelompok A RA Miftahul Jannah Tamansari Mumbulsari jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana Pelaksanan Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Menara Angka Kelompok A RA Miftahul Jannah Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana Mengevaluasi Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Menara Angka Kelompok A RA Miftahul Jannah Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah:1) Untuk mendeskripsikan perencanaan meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan menara angka kelompok A Ra Miftahul Jannah Tamansari Mumbulsari Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan menara angka kelompok A Ra Miftahul Jannah Tamansari Mumbulsari Jember 3) untuk mendeskripsikan evaluasi kemampuan kognitif anak melalui permainan menara angka kelompok A Ra Miftahul Jannah Tamansari Mumbulsari Jember Tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sumber datanya adalah informan yang mengetahui tentang penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumenter. Sedangkan analisis data meggunakan model Meles Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunaka triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa RA Miftahul Jannah upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak didik sangat urgen diperhatikan maka dari itu (1) upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak didik sudah terlaksana dengan cara membuat penyusunan perencanaan pembelajaran (2) begitu juga upaya pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak didik telah berjalan baik berdasarkan pelaksanaan sesuai dengan oprasional dalam kurikulum yakni melalui kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (3) gunu untk mengetahui proses perencanaan pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan berkembang maka dilakukanlah evaluasi untuk menindak lanjuti mana yang perlu dievaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:18
Last Modified: 03 Apr 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21575

Actions (login required)

View Item View Item