Pengelolaan Pembelajaran Pengembangan Motorik Halus Melalui Permainan Dakon pada Siswa Kelompok A di Raudhatul Athfal AlMuqorrobin Kalisat Jember Tahun Ajaran 2018/2019.

Qisthiyah, Ms (2019) Pengelolaan Pembelajaran Pengembangan Motorik Halus Melalui Permainan Dakon pada Siswa Kelompok A di Raudhatul Athfal AlMuqorrobin Kalisat Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Qisthiyah_T201511107.pdf

Download (16MB)

Abstract

Menjadi pendidik pada lembaga anak usia dini saat ini dibutuhkan kreatifitas dan inovasi untuk merangsang perkembangan anak dan mengembangkan semua potensi yang dimiliki oleh anak didik. Permainan dakon merupakan salah satu permainan yang bisa dipakai untuk mengembangkan beberapa aspek pada anak, yaitu kognitif, motorik halus, dan sosial emosional. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran permaian dakon untuk mengembangkan motorik halus siswa kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Muqorrobin Kalisat Jember tahun ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran permaian dakon untuk mengembangkan motorik halus siswa kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Muqorrobin Kalisat Jember tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Melalui jenis penelitian ini peneliti berusaha mendeskripsikan peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa tersebut. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model Miles, dkk. mulai dari kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menemukan bahwa perencanaan pembelajaran yaitu sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan guru sudah mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran khususnya permainan dakon yaitu dengan membuat RPPH yang dalam pembuatannya mengacu pada Promes dan RPPM. Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan terdiri dari pembukaan, kegiatan inti, istirahat, dan penutup. Permainan dakon ini dilakukan selain untuk mengembangkan motorik halus tetapi dapat juga mengembangkan kognitif dan sosial emosional anak. Dalam pelaksanaan permainan dakon ini guru memilih siswa 4 anak untuk bermain, dua anak laki-laki, dan dua anak perempuan. Evaluasi yang digunakan oleh guru kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Muqorrobin adalah melalui menetapkan nilai atau penilaian. Penilaian merupakan proses pengolahan data dengan cara pengamatan, pencatatan, dan pendokumentasian kemampuan dan karya anak untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak. Teknik penilaian yang dipakai oleh guru kelompok A pada permainan dakon adalah observasi dan catatan anekdot.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:19
Last Modified: 03 Apr 2023 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21577

Actions (login required)

View Item View Item