Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Permainan Tradisional Yoyo Pada Anak Usia Dini Di RA. Al-Hidayah II Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Widyawati, Ms (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Permainan Tradisional Yoyo Pada Anak Usia Dini Di RA. Al-Hidayah II Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Widyawati_T201511053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan motorik anak usia dini sama pentingnya dengan aspek perkembangan yang lain. Apabila anak tidak mampu melakukan gerakan fisik dengan baik akan menumbuhkan rasa tidak percaya diri dan konsep diri negating dalam melakukan gerakan fisik. Perkembangan motorik merupakan suatu aktivitas yang tak kunjung habis dan sekaligus sebagai ciri masa pertumbuhan dan perkembangan anak secara normal dan faktor yang sangat penting dalam perkembangan individu secara keseluruhan. Keamampuan motorik halus anak berbeda-beda, ada beberapa faktor yang menyebabkan perkembangan yang berbeda salah satunya adalah stimulasi yang didapatkan. Di RA. Al-Hidayah II upaya peningkatan motorik halus menjadi suatu hal yang penting. Ditunjukkan dari keseriusan guru RA. Al-Hidayah II dalam mengedepankan perkembangan motorik halus dengan berbagai kegiatan. Permainan tradisional merupakan upaya meningkatkan motorik halus anak usia dini di RA. AlHidayah II Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan permainan tradisional yoyo dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini di RA. Al-Hidayah II tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui permainan tradisional yoyo pada anak usia dini RA. Al-Hidayah II tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan bagaiman pelaksanaan permainan tradisional yoyo dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini RA. Al-Hidayah II tahun pelajaran 2018/2019 2) untuk mendeskripsikan bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui permainan tradisional yoyo pada anak usia dini RA. Al-Hidayah II tahun pelajaran 2018/2019 Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, menganalisis proses pelaksanaan kegiatan belajar di RA AlHidayah II Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Pelaksanaan permainan Yoyo di RA Al-Hidayah II sebagai upaya meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini memiliki tiga tahapan; 1) kegiatan pra-permainan, 2) Pelaksanaan permainan, 3) penutup permainan; 2) Ada tiga manfaat yang diberikan permainan tradisional yoyo sebagai upaya peningkatan kemampuan motorik halus pada anak usia dini yaitu; 1) Mengembangkan motorik halus pada anak, 2) Memabntu kreatifitas anak, 3) Membantu daya konsentrasi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:19
Last Modified: 03 Apr 2023 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21578

Actions (login required)

View Item View Item