Upaya Penerapan Peraga Kartu Baca Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Kelompok B Raudlatul Athfal Darul Ulum Desa Sukorambi Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019.

Muhlis, Mr. (2019) Upaya Penerapan Peraga Kartu Baca Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Kelompok B Raudlatul Athfal Darul Ulum Desa Sukorambi Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. M U H L I S _T201511093.pdf

Download (12MB)

Abstract

Mengajar membaca permulaan memang membutuhkan kesabaran yang luar biasa, kesabaran itu dibutuhkan karena objek yang diajar adalah masih anak usia dini (AUD). Anak usia dini hakikatnya memiliki kecenderungan untuk bermain daripada belajar, karena dunia anak memang dunia bermain. Oleh karena itu, untuk membuat anak usia dini tertarik untuk belajar membaca, seorang guru harus mampu mengkolaborasi antara permainan dan pembelajaran, dengan kata lain, guru mengajak anak usia dini untuk belajar membaca sambil bermain. Salah satu pola permainan yang bisa digunakan sebagai media pada pembelajaran membaca anak usia dini adalah menggunakan peraga kartu baca. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; Pertama, Bagaimana penerapan peraga kartu baca dapat meningkatkan kemampuan keterampilan membaca permulaan pada anak usia dini kelompok B Raudlatul Athfal Darul Ulum Desa Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Kedua, Bagaimana implikasi/dampak upaya penerapan peraga kartu baca dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada anak usia dini kelompok B Raudlatul Athfal Darul Ulum Desa Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokomentasi. Sedangkan analisa datanya menggunakan Miles and Huberman. Adapun hasil dari penelitian lapangan yang dilakukan oleh penulis diketahui bahwa pelaksanaan upaya penerapan peraga kartu baca dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada anak usia dini kelompok B Raudlatul Athfal Darul Ulum desa Sukorambi kecamatan Sukorambi kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019 diketahui melalui beberapa tahapan, tahapan pertama kegiatan pembuka, kedua kegiatan penutup dan ketiga kegiatan refleksi. Kegiatan pembuka diawali dengan perencanaan, kegiatan ini dimulai dari menyiapkan perangkat dan data-data yang diperlukan. Kegiatan penutup berisi kegiatan pelaksanaan tindakan dan observasi, dan kegiatan refleksi didalamnya berisi evaluasi terhadap pelaksanaan upaya penerapan peraga kartu baca dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada anak usia dini kelompok B Darul Ulum desa Sukorambi kecamatan Sukorambi Tahun Pelajaran 2018/2019. Sedangkan implikasi dari upaya penerapan peraga kartu baca dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada anak usia dini kelompok B Raudlatul Athfal Darul Ulum tahun pelajaran 2018/2019 kepada peserta didik apabila diukur dengan sebelum penerapan peraga kartu baca adalah antara lain: Peserta didik menjadi lebih bersemangat untuk belajar membaca permulaan,peserta didik menjadi lebih mudah mengenal huruf/angka, peserta didik menjadi lebih mudah mengenal suku kata sederhana dan peserta didik lebih cepat bisa membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:24
Last Modified: 03 Apr 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21584

Actions (login required)

View Item View Item