Penerapan Pembelajaran Metode Bermain Dengan Media Bola Warna Warni dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Siswa Kelompok A di RA Hidayatul Mubtadiin Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Anik C., Ms. (2019) Penerapan Pembelajaran Metode Bermain Dengan Media Bola Warna Warni dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Siswa Kelompok A di RA Hidayatul Mubtadiin Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. ANIK C_T201511001.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu bentuk permainan di sekolah adalah menggunakan bola warna warni yang memiliki memiliki beberapa ukuran, kecil, sedang bahkan besar. Dengan permainan ini siswa secara tidak sadar anak akan dibawa ke dalam belajar sambil bermain, tanpa mengganggu mentalitasnya sebagai anak-anak, sehingga secara bertahap kemampuan motorik kasar anak akan dapat meningkat dengan optimal Fokus penelitian adalah: (1) Bagaimana perencanaan penerapan pembelajaran metode bermain dengan media bola warna warni dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar siswa Kelompok A di RA Hidayatul Mubtadiin Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 ?, (2) Bagaimana pelaksanaan penerapan pembelajaran metode bermain dengan media bola warna warni dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar siswa Kelompok A di RA Hidayatul Mubtadiin? dan (3) Bagaimana evaluasi penerapan pembelajaran metode bermain dengan media bola warna warni dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar siswa Kelompok A di RA Hidayatul Mubtadiin Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 ? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan pembelajaran metode bermain dengan media bola warna warni dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar siswa Kelompok A di RA Hidayatul Mubtadiin, (2) Mendeskripsikan pelaksanana penerapan pembelajaran metode bermain dengan media bola warna warni dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar siswa, (3) Mendeskripsikan evaluasi penerapan pembelajaran metode bermain dengan media bola warna warni dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan analisis model Miles dan Hubberman yaitu kondensasi data, penyajian dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian dapat disimpukan bahwa (1) Perencanaan penerapan pembelajaran metode bermain dengan media bola warna warni dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar siswa dilakukan dengan cara guru membuat RPPH (Rencana Program Pembelajaran Harian) dan RPPM (Rencana Program Pembelajaran Mingguan), (2) Pelaksanaan penerapan pembelajaran metode bermain dengan media bola warna warni dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar siswa Kelompok A dibagi dalam beberapa tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, (3) Evaluasi penerapan pembelajaran metode bermain dengan media bola warna warni dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar siswa Kelompok A terdiri dari evaluasi tes dan nontes. Teknik tes dilaksanakan dengan cara unjuk kerja dan tes lisan. Teknik nontes misalnya dengan observasi, skala sikap, dan wawancara langsung dengan siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:24
Last Modified: 03 Apr 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21588

Actions (login required)

View Item View Item