Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandiran Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ar Raihan Sukorejo Bangsalsari Tahun 2018- 2019. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Jember. 2019

Dewi, Resti Sulista (2019) Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandiran Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ar Raihan Sukorejo Bangsalsari Tahun 2018- 2019. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Jember. 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Resti Sulista Dewi_T201511104.pdf

Download (6MB)

Abstract

pola asuh orang tua adalah suatu keseluruhan interaksi orang tua dan anak, dimana orang tua yang memberikan dorongan bagi anak dengan mengubah tingkah laku, pengetahuan, dan nilai-nilai yang dianggap paling tepat bagi orang tua agar anak bisa mandiri, tumbuh serta berkembang secara sehat dan optimal, memiliki rasa percaya diri, memiliki sifat rasa ingin tahu, bersahabat, dan berorientasi untuk sukses. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana Pola Asuh Orang Tua Otoritatif dalam meningkatkan kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ar Raihan Sukorejo, Bangsalsari, Jember Tahun 2018-2019?. Bagaimana Pola Asuh Orang Tua Permisif dalam meningkatkan kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ar Raihan Sukorejo, Bangsalsari, Jember Tahun 2018-2019?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: untuk mendeskripsikan dan menganalisis pola asuh Orang Tua Otoritatif dalam meningkatkan kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ar Raihan Sukorejo, Bangsalsari, Jember Tahun 2018-2019. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pola asuh Orang Tua otoritatif dalam meningkatkan kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ar Raihan Sukorejo, Bangsalsari, Jember Tahun 2018-2019 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Melalui jenis penelitian ini peneliti berusaha mendeskripsikan peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa tersebut. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1). Pola asuh orang tua otoritatif dilakukan oleh orang tua dengan cara memberikan kesempatan kepada anak untuk mandiri namun masih ada pengawasan dan bimbingan dari orang tua. Orang tua bersikap hangat dan lebih dekat dengan anak. Orang tua tak segan memberi pujian ketika anak melakukan hal yang baik dan orang tua juga mampu menegur anak ketika anak melakukan kesalahan. Hasil kemandirian anak dengan pola asuh orang tua otoritatif berkembang dengan baik dan sesuai dengan harapan. Anak dengan pola asuh otoritatif mampu mencapai indikator kemandirian yang sudah ditetatapkan di sekolah. 2). Pola asuh orang tua permisif dilakukan oleh orang tua dengan cara memberi kesempatan seluas-luasnya kepada anak untuk melakukan sesuatu dengan sedikit pengawasan dan bimbingan dari orang tua. Orang tua permisif cendurung membiarkan anaknya melakukan sesuatu sesuka hati. Orang tua juga tidak menerapkan peraturan dan hukuman kepada anak. Hasil kemandirian anak dengan pola asuh orang tua otoritatif kurang berkembang dengan baik. Anak dengan pola asuh permisif belum atau kurang mampu mencapai indikator yang sudak ditetapkan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:24
Last Modified: 03 Apr 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21590

Actions (login required)

View Item View Item