Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan Papan titian bagi kelompok B di Raudhatul Athfal Bustanul Ulum 13 Pakis Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Herwiningsih, Ms. (2019) Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan Papan titian bagi kelompok B di Raudhatul Athfal Bustanul Ulum 13 Pakis Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Herwiningsih_T201511080.pdf

Download (16MB)

Abstract

Dalam rangka mengemban tugas dan tanggung jawab untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak, maka diperlukan suatu upaya yang dilakukan oleh guru agar perkembangan motorik kasar anak dapat berkembang secara optimal. Upaya tersebut dapat dimulai dengan pemahaman guru melalui penerapan permainan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, salah satunya melalui permainan papan titian. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1), bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak lokomotor melalui permainan Papan titian bagi kelompok B di Raudhatul Athfal Bustanul Ulum 13 Pakis Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. 2), bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak non lokomotor melalui permainan Papan titian bagi kelompok B di Raudhatul Athfal Bustanul Ulum 13 Pakis Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1), mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak lokomotor melalui permainan Papan titian bagi kelompok B di Raudhatul Athfal Bustanul Ulum 13 Pakis Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2), mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak non lokomotor melalui permainan Papan titian bagi kelompok B di Raudhatul Athfal Bustanul Ulum 13 Pakis Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Bustanul Ulum 13 Pakis Jember. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis deskriptif yaitu: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1), Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak lokomotor melalui permainan papan titian bagi kelompok B di Raudhatul Athfal Bustanul Ulum 13 Pakis Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah menyediakan fasilitas permainan papan titian sebagai media dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak dalam hal keseimbangan dinamis. Adapun bentuk dari upaya peningkatan kemampuan motorik kasar anak pada keseimbangan dinamis melalui media papan titian, yaitu: a), melatih kemampuan berjalan pelan anak. b), melatih kemampuan berlari anak dengan tepat dan lincah. c), melatih kemampuan melompat pendek dengan disertai pendaratan dan keseimbangan yang baik. 2), Upaya peningkatan kemampuan motorik kasar pada aspek gerak non lokomotor melalui permainan papan titian bagi kelompok B di Raudhatul Athfal Bustanul Ulum 13 Pakis Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 dilakukan dengan cara guru memberi pemahaman disertai contoh gerakan. Adapun bentuk dari upaya peningkatan motorik kasar anak pada aspek non lokomotor, khususnya keseimbangan statis anak, yaitu: a), membiasakan anak didik memutar tubuhnya ke kanan dan ke kiri di atas papan titian sebagai gerakan dasar dalam melatih keseimbangan tubuh. b), menyediakan media kursi plastik, dimana anak didik dapat mendorong dan menarik kursi sebagai upaya melatih otot tangan dan melatih keseimbangan. c), melatih anak didik agar memiliki kelincahan, dengan melakukan gerakan membungkuk kemudian dilanjutkan dengan gerakan menekuk lutut sambil berdiri di atas satu kaki dengan posisi tetap di atas papan titian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:25
Last Modified: 03 Apr 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21593

Actions (login required)

View Item View Item