Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Pada Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Kabupaten Jember.

Juwati, Ms. (2019) Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Pada Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Juwati_T201511028.pdf

Download (16MB)

Abstract

Gagasan Paud pada dasarnya ingin mempelajari kembali konsep pendidikan anak pra sekolah sebagai pandangan awal sesuai dengan konteks jaman. Oleh karena itu berangkat dari anak sebagai pijakan awal untuk mengenalkan pendidikan kepada anak usia dini, diharapkan melalui permainan melipat origami mampu memotivasi perkembangan kreativitas anak didik khususnya di taman kanak kanak . Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana meningkatkan motorik halus anak melalui permainan melipat origami dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di RA Annuriyyah Rambipuji Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? dan 2) Bagaimana pelaksanaan melipat origami dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada kelompok B di RA Annuriyyah Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat origami pada anak kelompok B di RA Annuriyyah kabupaten jember 2) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan melipat origami dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada kelompok B di RA Annuriyyah Rambipuji Jember. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif dan lokasi penelitian ini di RA Annuriyyah Rambipuji Kabupaten Jember, penentuan informan menggunakan teknik purposive. Tehnik pengumpulan data menggunakan : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Condantation, data display, dan verification. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasib tehnik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat origami pada kelompok B RA Annuriyyah yaitu dengan kegiatan melipat origami anak didik mampu mmeningkatkan kemampuan motorik halus dengan hasil yang maksimal dengan melipat origami dengan enam lipatan dan melipat dengan mandiri. 2) Pelaksanaan pembelajaran kegiatan melipat origami pada anak kelompok B di RA Annuriyyah yaitu guru menentukan tema, merencanakan dan menyiapkan bahan ajar, membentuk lingkaran, guru memberi contoh melipat, guru mengulangi materi melipat origami dan melakukan evaluasi pembelajaran kegiatan melipat origami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:25
Last Modified: 03 Apr 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21595

Actions (login required)

View Item View Item