Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Pada Anak di Raudlatul Athfal Nurul Ulum Sumbersalak Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Maghfiroh, Ms. (2019) Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Pada Anak di Raudlatul Athfal Nurul Ulum Sumbersalak Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Maghfiroh_T201511002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Metode bercerita adalah cara penyampaian atau penyajian materi pembelajaran secara lisan dalam bentuk cerita dari guru kepada anak didik Taman Kanak-kanak. Metode bercerita merupakan salah satu metode dan teknik bermain yang banyak dipergunakan di TK. Bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak. Metode bercerita menggunakan media boneka tangan adalah metode yang digunakan guru di Taman Kanak-Kanak ketika melakukan kegiatan bercerita sebagai alat paraga yang dapat digerakkan menggunakan tangan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan bahasa pada Anak di Raudlatul Athfal Nurul Ulum Sumbersalak Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?; 2) Bagaimana peningkatan kemampuan bahasa melalui metode bercerita pada Anak di Raudlatul Athfal Nurul Ulum Sumbersalak Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan metode bercerita pada anak di Raudlatul Athfal Nurul Ulum Sumbersalak Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan bahasa melalui metode bercerita pada anak di Raudlatul Athfal Nurul Ulum Sumbersalak Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 Pendekatan yuang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitataif deskriptif. Jenis penelitian penelitian lapangan (field research). Penentuan subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta analisis data menggunakan kondensasi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Kemampuan bahasa pada Anak di Raudlatul Athfal Nurul Ulum Sumbersalak Ledokombo Jember, bahwa kelas A Kemampuan bahasa anak pada anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Ulum, anak sudah bisa menghafal 1500 kosa kata bahkan lebih dan anak dapat menyampaikan kosa kata 10-15 kata dalam satu kalimat. 2) Langkah-langkah kegiatan bercerita di Nurul Ulum ada 7, hanya saja di akhir kegiatan bercerita guru menambahkan anak diminta menyebutkan kosa kata bersama-sama dengan cara bernyanyi yang ditunjuk oleh guru..

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:25
Last Modified: 03 Apr 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21597

Actions (login required)

View Item View Item